Apa Kabar Pantai Kencana Natuna yang Habiskan Miliaran Rupiah‎

229

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Warga Natuna sangat mengharapkan Pantai Kencana segera di bangun sebab dapat menjadi icon tempat berkumpul masyarakat.

Pantai Kencana berada di Jalan Soekarno-Hatta kian familiar dengan sebutan Pantai Kencana karena pantai ini sudah direklamasi sehingga menjadi lapangan luas yang dijadikan publik area bagi warga.‎

Sejak tiga tahun selesai Pematangan Lahan Reklamasi pantai, namun hingga kini belum dimaksimalkan bahkan belasan miliar anggaran APBD tersedot, ungkap Eko Rianto Warga Natuna kepada Wartakepri.co.id, Jumat (16/9/2016).

” Jika pemerintahan Natuna Niat mau membangun, pantai Kencana mestinya semenjak dulu udah rampung, tapi kenapa sampai tahun 2016 belum ada tanda tanda pembangunan,”tutur Eko.

Warga yang lain mengutarakan kritikan untuk pemerintah Natuna, dua Bulan lagi usianya akan menginjak 17 tahun tepat pada bulan oktober, natuna akan merayakan hari jadinya.

Terkadang malu di tanya tamu, datang dari luar daerah, mereka selalu menanyakan kepada saya,
pak supir apakah udah sampai ke pusat kota natuna, lantas saya katakan dengan tamu itu”kita udah sampai di pusat kota Ranai sambil menunjukkan ke arah pantai kencana serta deretan ruko di Pombensi Pertamina Ranai.”tutur Andy supir Transportasi carteran.

Natuna terkenal dengan Negeri penghasilan Gas terbesar di Asia Tenggara namun pembangunan belum terlihat jelas.kata andy.

Memang jika hari Senin hingga Jumat, di Pantai Kencana hanya nampak remaja-remaja yang bermain dengan sepedamotor, ataupun mereka yang latihan panjat tebing di wall yang tersedia di tempat ini.

Tak banyak hal yang tersuguh hanya pemandangan pantai dan beberapa kapal nelayan.

Namun akhir pekan, Sabtu dan Minggu, di Pantai ini muncul hiburan dadakan dan wahana permainan anak-anak yang beroperasi sampai malam.

Tidak ada salahnya tiru disigent di Pantai Losari , bisa di adaptasi ke natuna yang terkenal dengan matahari tenggelamnya.

Sebab Natuna juga nyaris sama suasana sangat indah selain menjajakan berbagai macam hidangan laut di malam hari, warung-warung udah tertata rapi juga menjajakan berbagai macam makanan khas.tutup Andy.

Sebelumnya, pembangunan tempat rekreasi umum tersebut sempat terhenti, dikarenakan anggaran yang disedikan pemerintah daerah Natuna pada
tahun 2014 lalu tak cukup (defisit).

Direncanakan tahun 2017 Water Front City (WFC) Pantai Kencana akan dilanjutkan,” Ungkap Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti,berapa waktu Di Ranai.

Ngesti mengatakan,Untuk anggaran pembangunan WFC tersebut akan diupayakan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Sumber anggaran pembangunan itu kita upayakan dari Dana Alokasi Khusus (DAK), bukan menggunakan anggaran pemerintah daerah. Usulannya sudah kita siapkan,” tutup Ngesti.

Kota Ranai merupakan Ibukota dari Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Gugusan Pulau berpanorama indah yang memiliki potensi sumber daya alam berupa gas bumi dan perikanan laut ini lokasinya berada paling utara di selat Karimata, berbatasan dengan Negara Vietnam dan Kamboja, sedang pada bagian barat berbatasan dengan Singapura, Malaysia, dan Riau, sedang pada bagian timur berbatasan dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat.

Sebenarnya banyak pantai yang eksotis disepanjang gugusan kepulauan natuna yang enak buat main snorkeling maupun diving untuk menikmati wisata bawah lautnya, sebut saja seperti Pantai Sebagul, Pantai Setengar, Pantai Teluk Selahang dan lainnya. Namun karena Pantai stress ini berada di tengah kota, maka pantai inilah yang menjadi idola.

Untuk menuju Pantai kencana atau obyek wisata Natuna lainnya bisa dilalui dengan kendaraan laut dan udara, Kalau melalui jalur laut bisa menggunakan transportasi laut dengan kapal Pelni dari Pelabuhan Kijang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Begitu juga kalau melalui udara, bisa ditempuh dengan pesawat dari ibukota provinsi tersebut dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. (rikyrinovsky).

Foto istimewa : Reportase Natuna

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND