Situs Sejarah Istana Kota Piring Tanjungpinang Kini Tinggal Janji ” Pemilu “

1649
istana-kota-piring-tanjungpinang

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Istana Kota Piring yang berada di Pulau Biram Bewa, kota Tanjungpinng memiliki salah satu warisan sejarah bagi Kepulauan Kepri. Tetapi sangat disayangkan bukti-bukti sejarah tentang Istana Kota Piring sudah banyak yang hilang.

Menurut warga setempat Heri menjelaskan kepada warta bahwa tidak mengetahui sama sekali tentang sejarah Istana Kota Piring, meskipun tinggal di sekitar lokasi tersebut sejak tahun 2001 lalu tinggal di Kota Piring. istana-kota-piring-tanjungpinang-2

” Saya pun tidak mengetahui sejarah istana kota piring ini, walaupun sudah cukup lama tinggal disini,” katanya kepada WartaKepri.co.id, Rabu (28/9/2016).

Honda Capella

Puing-puing yang ada di sekitar Kampung Kota Piring merupakan peninggalan sejarah yang terlupakan dan tidak ada perhatian untuk dijaga.

” Orang-orang yang mengetahui sejarah Istana Kota Piring kini sudah tidak ada lagi, dulunya ada yang mengetahui sejarah istana kota piring, akan tetapi sekarang sudah pindah. Yang saya tahu ada dua orang yang saat ini mengetahui sejarah kota piring,” bebernya.

Diungkapkanya, masyarakat yang tinggal di Kota Piring merupakan rata-rata orang baru, jadi tidak ada yang mengetahui tentang sejarah Istana Kota Piring.

“ Istana Kota Piring termasuk salah satu tempat yang memiliki bukti sejarah di Kepri. Tapi sayangnya sekarang ini banyak masyarakat tidak tahu dan bahkan tidak mau ambil tahu tentang sejarah di sini,” ungkapnya.

Hanya saja yang saya sesalkan kepada pemerintah adalah janji-janji mereka terhadap daerah kami yang tak pernah ditepati.

” Setiap ada pemilihan baru semuanya sibuk menjanji-janjikan menjadikan tempat kelestarian sejarah Istana Kota Piring, yang ada bukti-bukti sejarah lambat laun semakin menghilang,” ucapnya.(sapardi)

FANINDO