Citilink Buka Rute Internasional Kepri ke Tiongkok, Janji 500 Turis per Hari



WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Setelah Manado, kini giliran Provinsi Kepri yang akan diserbu turis Tiongkok. Ini berkat dibukanya akses penerbangan dari China ke Tanjungpinang dan Batam. Kondisi ini tercipta setelah maskapai Citilink bekerjasama dengan Wanda Group Tiongkok.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri memantapkan kerjasama itu, dengan membuka akses penerbangan dari Negeri Tirai Bambu ke Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF), Tanjungpinang mulai bulan Desember 2016.

” Akan terbukanya akses internasional ini nanti, akan memberikan kemudahan masuknya wisman ke Kepri,” ujar Ketua Apindo, Cahaya, Rabu (5/10/2016).

Masuknya wisman Tiongkok via Great Kepri itu menjadi generator kedua, setelah sebelumnya Lion Group membuat hub tourism di Manado. Kini Manado sudah mulai dibanjiri wisman dari 6 secondary city di China. Sementara di Batam-Bintan, kini giliran Citilink LCC (low cost carrier) yang akan mengangkut wisman Tiongkok itu.

” Masih ada waktu bagi kami bersama industri untuk menyusun persiapan menghadapi banjir wisman Tiongkok itu,” kata Guntur Sakti, Kadispar Kepri.

Guntur menyebut akan menyiapkan 3A, yaitu atraksi, akses, dan amenitas guna menyambut kedatangan mereka. Turis Tiongkok itu suka pantai, kuliner dan belanja. Tiga hal itulah yang sedang dipersiapkan agar turis menemukan ‘Wonderful Indonesia’ di Kepulauan Riau.

” Soal bahari, jangan khawatir, Kepri ini banyak site yang keren! Soal kuliner apalagi? Seafood Kepri pas dengan seleranya masakan Oriental. Jadi soal atraksi, kami akan siapkan bersama industri,” ungkap Guntur.

Soal akses, sudah ada Citilink yang full support dan sudah langsung bekerjasama dengan Wanda Group. Nah, soal amenitas, dengan kapasitas 500 wisman per hari, Guntur menjamin mereka sudah siap menerima itu.
” Rasanya, Kepri sangat siap,” sebut Guntur pede.

Ketua Apindo, Cahaya menambahkan, bandara yang akan digunakan untuk masuknya wisman-wisman asal Tiongkok itu nanti adalah Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Internasional RHF, Tanjungpinang.

” Mereka sudah komitmen untuk mendatangkan 500 wisman setiap harinya,” jelas Cahaya.

Xie Hong, General Manager (GM) Wanda Group, Tiongkok mengatakan selain kerjasama dengan Apindo Kepri, ini merupakan tindaklanjut permintaan dari Kementerian Pariwisata saat berkunjung ke Wanda Group beberapa waktu lalu. Ditegaskannya ada 24 Kota di Tiongkok yang sudah siap bekerjasama.

” Kita sudah komitmen dan bekerjasama dengan Citilink sebagai armada transportasi untuk kerjasama ini nanti,” ujar Xie Hong.

Cahaya menambahkan, untuk kerjasama ini perlu dukungan pemerintah daerah. Daerah-daerah yang menjadi destinasi andalan adalah Batam, Bintan, dan Karimun. Karena selama ini, mereka masuknya melalui Singapura.

” Ini adalah kesempatan untuk menarik wisman datang ke Kepri. Dari Hang Nadim, Batam akan melayani penerbangan umum ke Tiongkok. Sedangkan Bandara Internasional RHF, hanya melayani penerbangan wisata, yakni pesawat carter langsung dari Tiongkok,” ujar Cahaya menambahkan.(detik/ria)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News