Perkuat Persatuan, Mahasiswa Batam Gelar Simposium Refleksi Sumpah Pemuda – WartaKepri
48 views

Perkuat Persatuan, Mahasiswa Batam Gelar Simposium Refleksi Sumpah Pemuda

serikat-mahasiswa-dan-hmi-batam

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Gabungan organisasi mahasiswa di Kota Batam, melaksanakan simposium refleksi 88 tahun hari Sumpah Pemuda di aula kampus Ibnu Sina, Minggu (30/10/2016).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Walikota Batam ini, mengusung tema memperkuat persatuan bangsa, merawat kebhinnekaan. Diikuti oleh ratusan mahasiswa yang tergabung dalam 11 organisasi, pesertanya pun terlihat begitu antusias mengikutinya.

Disamping itu, dukungan serta atensi besar juga diberikan oleh Komandan Kodim 0316 Batam, Polresta Barelang, FKUB Kota Batam, dan KNPI Kota Batam.

Gabungan organisasi mahasiswa intra maupun ekstra kampus yang berlatar belakang agama dan kedaerahan ini, terdiri dari Persatuan Mahasiswa Kota Batam (PMKB, gabungan organisasi intra kampus se-Kota Batam), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Katolik (HMK), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Perhimpunan Diaspora Batam (PERDIBA), Himpunan Mahasiswa Indonesia Timur (HIMIT), dan Gerakan Mahasiswa Melayu (GMM).

Dengan mengesampingkan segala perbedaan demi tujuan bersama yakni menjaga kerukunan antar sesama, dan melihat kondisi faktual di masyarakat yang dimana sangat rentan diprovokasi oleh isu-isu sara. Maka kesebelas organisasi mahasiswa tersebut dengan penuh kesungguhan mendeklarasikan ikrar bersatu mahasiswa Kota Batam.

Dalam ikrar tersebut, mereka bersungguh-sungguh untuk bersatu membangun kota batam menuju kota madani dengan menghargai setiap perbedaan dan keberagaman dan demi marwah Kota Batam.

Pada kegiatan itu juga diselingi pemaparan pidato dari Komandan Kodim 0316 Batam tentang penguatan ideologi pancasila, juga pemaparan pidato dari ketua FKUB Kota Batam yang diwakili Ibu Riama Manurung tentang toleransi dan penghargaan keberagaman, serta pemaparan dari Kapolresta Barelang yang diwakili Kanit Sosbud Satintelkam, Sugiman tentang strategi penangkalan radikalisme dan terorisme di Kota Batam.

Selain pemaparan dari stakeholder terkait, para Ketua Umum perwakilan organisasi mahasiswa tersebut masing-masing juga menyampaikan pidato maupun orasinya terkait refleksi sumpah pemuda serta permasalahan kondisi bangsa dan Kota Batam saat ini, baik tentang lunturnya ideologi pancasila, radikalisme, toleransi, penegakan hukum, penghargaan HAM, narkotika, kesenjangan sosial dan ketidakadilan di tengah masyarakat.

Pada akhirnya kegiatan tersebut menunjukkan komitmen dari setiap elemen mahasiswa yang ada di Kota Batam untuk terus bersatu dan menjaga kerukunan serta saling menghargai perbedaan masing-masing demi tujuan serta cita-cita bersama, yakni tegaknya marwah Kota Batam dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.(ichsan)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA