Danlantamal Cek Pertahanan TNI ke Pulau Takong Hiu‎ Selat Malaka ‎

323
WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksma TNI S.Irawan melihat secara langsung kondisi Pos TNI AL yang berada di Pulau Takong Hiu, yang merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia yang terletak di Selat Malaka.
Pulau yang berbatasan dengan Negara tetangga Malaysia dan Singapura yang masuk dalam wilayah Kabupaten Karimun, Sabtu (26/11/2016).

Kunjungan Danlantamal IV tersebut adalah untuk melihat dari dekat kondisi prajurit-prajuritnya serta fasilitas penunjang operasional dalam mengamankan pulau-pulau terdepan seperti sarana komunikasi,logistik, dan kondisi Pos Takong Hiu.

Menurut Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan keberadaan Pulau Takong Hiu  sangat strategis dan dari atas pulau tersebut bisa dipantau dengan jelas aktifitas lalu lintas kapal-kapal dari dan hendak menuju Singapura dan Malaysia. Tentunya dari sisi pertahanan kita dapat memonitor Selat Malaka dan kapal-kapal yang melintas.‎

Dijelaskan pula bahwa Pulau Takong Hiu yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura sah milik Indonesia. Pulau Takong Hiu sah milik Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden No 78/2015 tentang pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar.
Sedangkan keberadaan Pos TNI AL serta menara mercusuar yang dijaga oleh petugas dari kementerian Perhubungan memperkuat bukti bahwa pulau tersebut milik NKRI.

Saat ini personel TNI AL yang mengawasi atau menjaga Pulau Takong Hiu berjumlah 7 orang, secara terus menerus mengawaki Pos TNI AL dirotasi atau digilir.
Kedatangan Danlantamal IV beserta rombongan yang didampingi Pabanops Letkol Laut (P) Ashari, Dansatkamla Lantamal IV Mayor Laut (P) Feri menggunakan Kal Marapas sengaja tidak di beritahu untuk melihat secara ril prajuritnya di lapangan.

Danlantamal berpesan kepada para prajuritnya pengawal Pos TNI AL Takong Hiu agar tetap semangat tingkatkan terus kewaspadaan dan jaga kesehatan agar dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. (dispenlantamal IV).
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel