VIDEO Pawai Peringati Maulid Nabi Muhammad oleh Warga Serasan Natuna

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Sekitar 1000 keluarga besar paguyuban Himpunan Keluarga Serasan.(HKS) menggelar Pawai Ta’arub, makan bersama, untuk Memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW 1438 H, Senin (12/12/2016) pagi.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa antusias berjalan keliling melewati beberapa jalan Poros dari depan pantai Kencana dimulai kediaman Mantan Bupati Natuna, Ilyas Sabli menunju gedung Serindit Natuna.

Pawai menjadi perhatian warga menyaksikan sangat meriah, ada dua tandu berhiasan ratusan Telur berwarna Merah berbentuk hiasan bunga rampai atau akrab di sebut Telur Berkah , ada juga nasi kuning sekedup di arak sampai ke gedung Serindit.

Hiasan telur simbol bahwa hari ini adalah hari Maulid Nabi dengan mengusung semangat menjalin ukwah menebar berkah dan menjalin dan memper erat silaturahmi warga Serasan berada pusat kota kabupaten Natuna.

Menurut Wan asrul, Ketua Panitia acara ini bertujuan mengajak masyarakat luas untuk kembali lestarikan kebudayaan, selain penguatan nilai-nilai religi.

Tradisi itu telah turun temurun di lestarikan masyarakat Kecamatan Serasan.

“Pawai keliling ini untuk memberitahukan kepada masyarakat sekitar bahwa hari ini ada peringatan Maulud Nabi,” ujar Pang Ali salah seorang tokoh pemuka masyarakat Serasan ikut berjalan kaki meriahkan acara.

Bentuk dari upaya penguatan nilai religius dalam ritual budaya memperingati Maulud Nabi ini, adalah upaya memobilisasi masyarakat Natuna untuk berdoa bersama keberkahan Negeri.Terang pang ali.

Usai pawai Ta’arub, seluruh keluarga Serasan kemudian berkumpul di Aula Gedung Serindit, mengikuti sejumlah Prosesi Maulid lainnya seperti tauziah agama serta penampilan kesenian tari khas Sersasan hingga menyantap hidangan
seprah berupa nasi dan lauk pauk di hidang di lantai duduk bersila untuk di santap bersama.

Usai makan bersama, telur keberkahan dibagikan pada pengunjung.

Ilyas sabli Ketua Pembina HKS dalam sambutan mengajak, agar dalam menjalankan tugas sehari-hari untuk mencerminkan sifat Nabi Muhammad, yakni siddiq, amanah, fatanah dan tabligh.

“Ini harus kita jalan dalam kehidupan, kita tanamkan dalam pribadi kita masing-masing, agar hidupkan selalu tentram, nyaman beribadah kepada Allah SAW,” kata ilyas sabli.

Sementara itu, peceramah Nauto Rahman yang menyampaikan tentang pentingnya akhlak dalam kehidupan sehar-hari, mencontohkan teladan Nabi Muhammad SAW.

Salah seorang tokoh Masyarakat Natuna dari Serasan , Zul Hapy menambahkan, dirinya merasa senang bisa makan bersama warga terjalin penuh akrab.

” Kami ingin tanamkan kembali budaya daerah serta bersama sama menjalin uk wah menebar berkah dan tetap bersemangat dalam mengisi pembangunan Natuna,” katanya.

Dia berharap, perayaan Maulid Nabi ditahun berikutnya bisa kembali dilakukan tentunya dengan acara yang lebih meriah.

Hadir pada pringatan maulid Nabi Muhammad SAW, para tokoh Paguyuban Minang, Paguyuban Sedanau,Jawa, Kalimantan, Midai. seperti Wansofyan, Pang Ali, Harken, Anggota DPRD Natuna, dan Wan Siswandi bakal Calon Sekda Natuna Turun hadir.(rikyrinov)

FANINDO

Honda Capella