Tidak Ada Sanksi, Penumpang ke Penyengat Banyak Tak Pakai Life Jacket

22
pompong penumpang tanpa life jaket

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Antisipasi keselamatan yang ada di pelabuhan penyengat saat ini tidak berfungsi kembali, padahal life jacket sudah disediakan di pelabuhan keberangkatan.

Pak Mad, salah seorang yang bekerja di tranportasi penyeberangan antara penyengat dan Tanjungpinang mengatakan, memang akhir-akhir ini banyak masyaraka yang dari pelabuhan Tanjungpinang menuju penyengat yang tidak menggunakan life jacket.

” Kita pun tidak bisa memaksa mereka agar mau menggunakan life jacket,” ujarnya.

Dikatakannya, sangat menyayangkan kurangnya kesadaran masyarakat menggunakan life jacket, meskipun penyeberangan dalam jarak pendek, namun arus yang melintasi di selat perairan Laut Jaya hingga Sungai Carang tak bisa dipandang sebelah mata.

” Bahaya di laut sudah paham betul, karena sudah puluhan tahun saya bekerja membawa penumpang fari tanjungpinang ke penyengat, maupun sebaliknya. Jadi jangat di sia-siakan bantuan dari pemerintah ini,” sebutnya.
Menurutnya, mulai bulan Desember hingga penghujung Januari merupakan bulan yang rawan gelombang tinggi dan angin kencang.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

”jadi sebenar kita harus pandai menyisiasati agar tidak terkadi seperti tahun sebelumnya. Jadi orang yang ingin ke penyengat harus wajib menggunakan lige jacket yang telah disediakan,” tegasnya.

Diungkapkannya,kurangnya kesadaran masyarakat dikarenakan tidak adanya sanksi yang diberlakukan terhadap penambang yang mengabaikan penggunaan jaket keselamatan untuk penumpangnya. Sanksi tegas adalah salah satu alat untuk menjalankan aturan pemerintah.

Diterangkannya, tak apa kalau pemerintah dibilang jahat, yang penting nyawa selamat. Kalau sebatas dilarang boat untuk berlayar dan penumpang dilarang berangkat kalau tidak pakai life jacket itu, bagi saya masih belum tegas lah hukumannyam

“Sanksi yang diberikan contonya berupa denda juga bisa diberlakukan guna membangun efek shocktherapy bagi oknum penumpang dan penambang yang mengabaikan keselamatan dirinya,” ucapnya.(makmur)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH