Walikota Batam : Surat Keterangan Penganti KTP Bisa Untuk Melamar Pekerjaan

Sekda Jefri Wako Rudi dan Amsakar


WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Masih belum adanya blanko e-KTP yang asli untuk diberikan kepada masyarakat, tidak harus dikhawatirkan oleh masyarakat Batam. Karena itu, Walikota Batam menjamin surat keterangan yang dikeluarkan dinas kependudukan sama dengan fungsi KTP.

“ Pelayanan e-KTP biasa-biasa saja. Hanya blangko yang belum ada. Masih lelang dipusat. Tapi surat keterangan yang diberikan itu sama fungsinya dengan KTP,”ujar Walikota Batam HM Rudi, Senin (30/1/2017).

Ia menjelaskan, surat pengantar yang diberikan itu juga tertera NIK warga. Dan NIK ini sama bila e-KTP nya keluar sehingga tidak ada perubahan.

“ Jadi tak usah khawatir. Sama fungsinya. Kami bahkan akan memanggil seluruh perusahaan untuk menyampaikan ini,”ujar Rudi.

Hal itu dilakukan, lanjut Rudi, karena ada kabar yang beredar jika surat pengantar tersebut tidak berlaku saat melamar pekerjaan. Mengenai kapan waktu pertemuan dengan para pengusaha hal itu akan diatur Sekda Batam dan Dinas Tenaga Kerja Batam.

Sementara itu, pihak Kecamatan Batuapmar mencatat ada 2.416 berkas yang menunggu proses cetak e-KTP. Karena, blangko kosong sejak September hingga Desember 2016.

Camat Batuampar Tukijan merinci data berkas e-KTP tersebut yakni; September 859 berkas, Oktober 596 berkas, November 490 berkas, dan Desember 471 berkas.

Menurutnya, menumpuknya berkas akan terus berlanjut mengingat belum ada kejelasan terkait ketersedian blangko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Namun dia berharap warga agar tetap mengajukan berkas karena untuk mengatasi kekosongan blangko pemerintah menyiapkan surat keterangan pengganti e-KTP yang diterbitkan dinas Pendudukan dan Catatan Sipil.(mcb/disdukcapil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News