HPN Maluku: Presiden Jokowi Apresiasi Verifikasi Media oleh Dewan Pers ‎

185

WARTAKEPRI.co.id, AMBON – ‎Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa kepusingan pemerintah menghadapi ‎media sosial tidak dialami di Indonesia saja tapi juga dirasakan negara negara maju dengan demokrasi lama seperti di Amerika dan Eropa. 

Dan di sinilah peran penting perusahaan Pers untuk menyampaikan informasi yang lebih lengkap, dan tidak ikut memanas terpengaruh.

Jokowi mengatakan, medsos kini digandrungi banyak orang, mulai kalangan masyarakat, pejabat pemerintah daerah, pusat hingga Presiden.

“Semuanya main medsos. Ada yang senang main Twitter, Instagram, Path, Facebook, semuanya gandrung media sosial. Dan, saya juga ikutan,” kata Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional di Lapangan Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (9/2/2017).

Meski demikian, lanjut Jokowi, meski digempur media sosial, media arus utama (mainstream) tidak akan hilang.

“Sebagaimana radio tidak akan hilang digantikan televisi, keduanya akan sama-sama eksis karena bis saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi,” katanya.

Medsos unggul karena kecepatan, karena menilai aktualitas, sementara media arus utama menonjol karena akurasi, karena kedalaman materi-materinya.

Selain itu, Jokowi mengapresiasi PWI dan Dewan Pers yang melakukan verifikasi perusahaan Pers di Indonesia. 

” Dengan adanya verifikasi ini akan jelas mana media yang layak menjadi referensi bagi masyarakat. Dan semoga fenomena media hoax saat ini akan berkurang dengan sendirinya,” tutur Jokowi. 

Diakhir pidatonya, Jokowi mengucapkan Selamat Hari Pers bagi seluruh insan pers yang hadir di acara HPN Maluku dan seluruh Pers di Indonesia.

77 Terverifikasi Dewan Pers

Sementara itu, Ketua Dewan Pers dalam penjelasan nya terkait verifikasi ‎perusahaan Pers mengacu ke 4 aturan.

Pertama, terkait kode etik, Standar perusahaan Pers, Standar Profesi Pers dan Standar pen jaminan bagi pekerja nya.

” Hingga 6 Februari 2017, sudah 77 perusahaan pers terverifikasi,dan kami terus melakukan verifikasi dan diminta media pro aktif,” Yosef A Prasetyo (dedy suwadha)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel