WOW.. Begini Cara Perusahaan Kelapa Sawit Singapura Buang Limbah di Batam

Pabrik Kepala Sawit Buang Limbah Sembarang copy

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Sebuah perusahaan berinitial PT MM yang berkantor pusat di Singapura dan beroperasi di CPO Kabil Nongsa tertangkap sedang membuang limbah hasil olahan kelapa sawit, tidak jauh dari lokasi perusahaan tersebut, pada Selasa (14/2/2017).

Diduga pihak perusahaan tersebut melakukan pembuangan sampah industri/pabrik yang bisa berdampak pencemaran lingkungan. Uniknya, saat pembuangan berlangsung, belasan orang pengepul besi tua datang mendekat.

Dari pantauan Wartakepri.co.id dilapangan terlihat aktifitas mobil pengangkut barang jenis lori keluar/masuk perusahaan, menuju ke tempat lokasi pembuangan dan tampak juga seorang pengawas dengan ciri-ciri memakai helm putih, baju coklat muda, celana hitam panjang, jenis kelamin laki-laki. Pria tersebut meninggalkan lokasi menuju perusahaan menggunakan sepeda gunung.

Dan saat ditelusuri nampak satu kejanggalan dimana ada satu unit Beko (Pengeruk Tanah) tepat di sebelah perusahaan yang mana diduga mencampur muatan lori dengan tanah untuk upaya kamu flase sampah perusahaan tersebut.

Wartakepri.co.id dengan beberapa awak media dan LSM Barelang beserta Pihak Keamanan dari Polresta Barelang, melakukan peninjauan kelokasi pembuangan dan mendapatkan beberapa bukti berupa tumpukan sampah dan terdapat limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang bercampur dengan tanah.

Limbah B3 yang berhasil diamankan diantaranya; Glasswool, Cover Sludge, Cat, Oli dan potongan kawat, besi serta cairan Chemical yang sudah mengeras.

Pengepul Besi tua, yang tidak ingin disebutkan namanya berinisial, OC mengatakan kalau dirinya sudah 2 hari melakukan pengambilan dan mengumpul barang yang dibuang perusahaan.

” Kita berhasil membawa pulang potongan potongan besi dan barang-barang yang bisa dijadikan uang dan belanjaberas,” ujarnya.

Saat para awak media ingin melakukan konfirmasi kepada pihak perusahaan, tidak mendapatkan respon dan terkesan menghindar dengan menutup pintu pagar.(andi pratama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel