Menteri Susi Terima Ocean Awards, Pemerhati Kelautan Natuna Bangga

Kelompok nelayan Natuna

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti kembali menerima penghargaan di tingkat internasional. Kali ini Menteri Susi menerima 2017 Excellence in National Stewardship dari Peter Benchley Ocean Awards.

Menteri Susi mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai mampu mengurus kelautan Indonesia dengan baik.

Menteri Susi dinilai agresif dalam melindungi kepentingan ekonomi dan lingkungan kelautan bangsa Indonesia dengan memberantas operasi armada kapal asing yang melakukan pencurian besar-besaran di laut Indonesia.

Keberanian Menteri Susi meledakkan dan menenggelamkan lebih dari 200 kapal yang melakukan praktik illegal fishing juga telah berhasil mencegah upaya kejahatan internasional terorganisir yang telah beroperasi di lautan Indonesia bertahun-tahun lamanya.

Tak hanya itu, Menteri Susi juga berperan aktif dalam pembebasan awak kapal perikanan yang dijadikan budak di banyak kapal-kapal asing.

Ia juga memimpin pembebasan hiu paus yang terjebak secara ilegal keterangan dari Halaman portal Kementrian KKP, seperti dikutip Wartakepri.co.id, Rabu (15/2/2017).

Berbagai terobosan Menteri Susi dinilai berperan penting dalam melindungi ekosistem laut Indonesia yang unik dan terkenal di dunia.

Kebijakan – kebijakannya juga memberikan manfaat ekonomi dengan mempertahankan mata pencaharian puluhan ribu nelayan Indonesia.

Adapun upacara penganugerahan 2017 Peter Benchley Ocean Awards akan digelar di Smithsonian’s National Museum of Natural History, Washington DC pada 11 Mei 2017 mendatang.Acara ini bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-10 Peter Benchley Ocean Awards.

Dalam rangkaian acara akan digelar simposium kepemimpinan laut tingkat tinggi dengan tema ‘Taming the Outlaw Seas” yang terbuka untuk umum, dengan menampilkan cerita-cerita luar biasa dari pahlawan-pahlawan laut di seluruh dunia.

Simposium ini berfokus pada upaya global untuk mengakhiri Illegal, Unregulated, and Unreported Fishing (IUUF).

Pemberantasan IUUF penting untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, mencegah kepunahan satwa laut dan habitatnya, serta memerangi kejahatan terogranisir seperti perdagangan dan perbudakan manusia, serta penyelundupan narkoba.

Warga Natuna Bangga

Atas penghargaan ini, Abdullah Tokoh Pemuda Natuna Pemerhati kelautan juga turut bangga. Mengingat keberhasilan Menteri Susi yang mampu menasionalkan Pulau Natuna, dimana selama ini terlupakan oleh pemerintah pusat.

” Kami sangat bangga dengan sosok Wanita Beliau sangat tepat sekali diberikan penghargaan itu Natuna yang dulu jauh dari perhatian pusat, kini alhamdulilah gerak ekonomi mulai bangkit,” ujarnya.

Lanjut Abdullah, kerja nyata dan tegas dari beliau mampu berdampak baik dan sangat dinanti-nantikan oleh para nelayan yang mencari ikan di lautan Indonesia dengan tradisional dari para pencuri-pencuri ikan dari luar negeri hingga ber ton-ton hasil tanggapan ikan ilegal tersebut.

Sudah banyak korban dari ketegasan dari Menteri ini dengan meledakkan atau menangkap para pencuri dan kapal-kapal yang digunakan terebut melalui para angkatan mariner kelautan Indonesia.

” Komitmen besar dari beliau selain memberantas illegal fishing, tetapi juga destructive fishing,” tutur Abdullah terharu.

Di Natuna, lanjutnya, bukan hanya menjanjikan di sektor perikanan, tapi juga titik potensial Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia. Terimakasih Bu Susi Pujiastusi Atas Perhatianmu Untuk Natuna Pulau Terdepan NKRI.(rikyrinovsky)

FANINDO

Honda Capella