Bea Cukai Karimun Hibahkan 1.499 Karung Bawang Merah ke Warga Miskin

46

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepulauan Riau, melakukan kegiatan Hibah dan Pemusnahan Barang Bukti, sesuai Pasal 45 KUHAP di Tanjung Balai Karimun, Selasa ( 21/02/2017)

Dimana barang yang dihibahkan dan dimusnahkan berasal dari hasil penindakan yang dilakukan Tim Patroli Bea Cukai atas sarana pengangkut Kapal Motor (KM) pada tanggal 25/01/2017 lalu, dengan muatan 15.00 karung bawang merah ilegal, dari Port Klang – Malaysia tujuan Tanjung Balai Asahan – Indonesia.

Setelah berkoordinasi dengan Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun, dengan hasil dari sample bawang merah yang telah melakukan uji laboratorium, yang menyatakan masih layak dikonsumsi, sesuai dengan surat pengantar nomor 341/KR.020/K.51.E/02/2017 tanggal 10 Februari 2017.

Selanjutnya berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun, dengan hasil benda sitaan negara berupa 1.499 karung bawang merah, setuju untuk dihibahkan kepada masyarakat tidak mampu.

Benda sitaan negara berupa 1.499 karung bawang merah, melalui Kepala Bidang Penyidikan dan Penanganan Barang Hasil Penindakan Kanwil DJ Bea Cukai secara simbolis menghibahkan kepada Perwakilan dari Yayasan Amanah Ampang Kuranji Kabupaten Dharmasraya – Provinsi Sumatera Barat.

Berikutnya diwaktu yang sama barang yang akan dimusnahkan, merupakan hasil penindakan Tim Patroli Bea Cukai dari tiga sarana pengangkut Kapal Motor (KM) yang mengangkut muatan Bawang Merah Ilegal, yang berasal dari Malaysia tujuan Indonesia.

Penindakan yang dilakukan oleh Tim Patroli Bea Cukai dari tanggal 1 Januari (4.477 karung), 3 Februari (256 Karung) dan 4 Februari 2017 (616 Karung), dan dari hasil penindakan tersebut total yang berhasil disita sebanyak 5.349 karung bawang merah dan ditetapkan sebagai benda sitaan negara.

Selanjutnya sesuai surat penetapan nomor :1/Pen.Pid/2017/PN Tbk tanggal 20 Februari 2017. Benda sitaan negara berupa 5.346 karung bawang merah dimusnahkan dengan cara ditimbun dengan tanah, yang dilakukan secara simbolik oleh Pegawai DJ Bea dan Cukai, Pengadilan Negeri dan Instansi Pemerintahan Tanjung Balai Karimun. (r/andi pratama)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel