Nenek ini Mematahkan Stereotip Bahwa Orang Tua Gaptek Soal Teknologi

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Yang tua sebagai penonton. Istilah ini tidak berlaku untuk developer asal Jepang bernama Masako Wakamiya. Sebab di usianya yang ke-81, Wakamiya merilis aplikasi smartphone pertama yang diciptakannya.

Aplikasi yang diberinama  Hinadan yang tersedia di App Store. Isinya sebuah permainan yang berhubungan dengan kebudayaan Jepang, di mana pemain diminta untuk menempatkan 12 boneka di posisi masing-masing dalam empat tingkatan.

Menariknya, Wakamiya baru belajar menggunakan komputer di usia ke-60. Artinya, Wakamiya bergelut di dunia coding selama dua dekade di umur yang pada umumnya sudah tidak produktif Sebelumnya, ia bekerja di sebuah bank di Jepang selama 43 tahun.

PKP EXPO

Di usia ke-60 juga, Wakamiya mengaku baru membeli komputer pertamanya dan langsung bergabung dengan sebuah komunitas komputer online. Sehingga ia akrab serta tersentuh dunia teknologi.

Selama proses merancang aplikasi pertamanya, Wakamiya juga membuat blog pribadi yang tersedia dalam dua bahasa, yaitu Jepang dan Inggris. Tujuannya sederhana, agar dapat mengedukasi para pembaca yang ingin menciptkan aplikasi sendiri.

Berkat usahanya yang gigih dalam mematahkan stereotip bahwa orang tua gaptek soal teknologi, Wakamiya diundang sebagai pembicara di event aplikasi TEDx di Tokyo. Di sana ia membahas mengenai keaktifan orang berusia senja di dunia digital.(inet.detik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG