Makin Menarik, Sidang Arbitase Antara Konsumen ‎dan Produsen Sanford ‎

285
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Persidangan Arbitrase ke-3 (perkara No: 009/PK/BPSK/I/2017) antara Pihak Perusahaan AMDK (Sanford) dan Pihak Konsumen dalam agenda mendengarkan keterangan dari Saksi Ahli, di ruang sidang Arbitrase BPSK – Batam Centre. Selasa (09/03/2017)

Persidangan dipimpin oleh tiga orang Majelis terdiri dari, Demi Hasfinul SH. M.Si sebagai Ketua, Ibrahim S.H dan Ir. Fachry Agusta sebagai Anggota serta S. Hari Murti S.H sebagai Panitera.

Saksi Ahli yang dihadirkan, diantarnya; dari Kementrian Kesehatan RI – Dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam – Elvi Yulia, S.Si,  PT.SI (Surveyor Indonesia) – Iwan Mulyawan, dan Balai POM Batam – Theresy E.Y.

Dari keterangan yang disampaikan oleh Saksi Ahli, Elvi Yulia, S.Si mengatakan, ada dua prosedur yang dipakai di laboratorium, pertama prosedur baku, yang telah ditetapkan oleh badan yang kompeten baik secara Nasional atau Internasional.

Lalu Prosedur Non Baku, Laboratorium mengembangkan metode sendiri dengan syarat harus melewati Validasi dan Verifikasi.‎

” Terkait pengujian sample untuk peralatan-peralatan di laboratorium yang terakreditasi wajib dikalibrasi, dan Soal TDS, semakin kecil nilai TDS maka akan menunjukkan kandungan mineral yang terlarut dalam air semakin kecil pula,” kata Elvi

Berikutnya keterangan terkait pengambilan sample, yang disampaikan oleh Saksi Ahli, Iwan Mulyawan mengatakan, untuk proses pengambilan sample dari Customer (AMDK Sanford), bentuknya Sample Hantaran dimana pihak Customer yang mengantar sample tersebut, dalam bentuk kemasan yang terdiri dari 2 atau 3 macam sample dalam 3 Bulan sekali.‎

Ketiga macam sample, terdiri dari; Raw Water – Air Baku, Filling Water – Air Hasil Proses Produksi sebelum di kemas dan Finishing Water – Air yang sudah dalam bentuk kemasan (siap edar)

” Dan kami sebatas menganalisa dengan hasil berupa parameter dan tidak menentukan jenis air,” ucap Iwan

Dan selanjutnya terkait kewenangan BPOM dalam menguji air dan soal label AMDK Sanford, keterangan dari saksi ahli, Theresy E.Y mengatakan, untuk pengujian itu ada kita lakukan dan untuk hasilnya tidak bisa ditunjukkan karena sifatnya Confidential dan harus ada persetujuan pimpinan.

Terkait persoalan label AMDK yang tertulis ​air minum alami​.
“Saya tidak melihat bahwa menyebutkan air minum alami, di surat persetujuannya (ijin edar),” tegas Theresy (and)
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel