Bupati Natuna Hamid dan Istri Hadiri Pembukaan STQ Kabupaten

427

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Suasana agamis serta penuh dengan nuansa kultural nampak terlihat jelas pada pembukaan acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke 9 tahun 2017 tingkat Kabupaten Natuna yang digelar pada Selasa Malam, 25 april 2017 di Halaman depan Masjid Agung.

Ragam Corak warna Baju terang seterang cahaya penerangan Lampu mengiasi arena pentas STQ.

Acara yang didahului dengan beragam kesenian tari bernuansa Islam tersebut diikuti peserta dari 15 kecamatan dengan serangkaian perlombaan.

H.Sarifudin.Ketua Panitia Pelaksanaan STQ Tingkat Kabupaten Natuna, ‎ada tiga katagori perlombaan diantaranya tilawah Al Quran Tingkat Anak anak dan Dewasa.Tafis (Afalan) Al Quran satu Just dan Tilawah , Lima Just Tilawah ,Sepuluh Just Tilawah ,Dua Puluh Just dan Tiga puluh Just Tilawah dan Tafsir Al Quran dalam bahasa Arab.
Syarifudin memaparkan kegiatan sebelumnya sejak malam taaruf, pelantikan dewan hakim, pembukaan stand bazar sudah dijalankan dengan baik walau masih terdapat perbaikan tidak berarti namun kegiatan berjalan meriah.

“Jumlah seluruh peserta seluruhnya 93 orang. Perlu kami sampaikan bahwa dari tiga cabang yang kita perlombakan, tafsir bahasa arab tidak ada peserta,” sebutnya.

Sarifudin juga berharap kepada para peserta agar dapat menyiapkan diri sehingga dapat berprestasi guna mengikuti kompetisi sehingga dapat memberdayakan sumberdaya tempatan itu sendiri tanpa mengadopsi peserta dari luar Kabupaten Natuna.
Sehingga peserta kita memiliki kualitas dalam perlombaan di arena STQ Provinsi Kepulauan Riau nantinya yang akan selengarakan Kota Batam pada bulan Mai 2017.

“Kita ingin memberikan kesempatan kepada para generasi muda yang berpretasi dalam seni baca, menulis, menghafal serta memahami isi Al Qur’an dalam rangka mewujudkan pencapaian prestasi generasi muda Natuna di bidang iman dan taqwa,” jelas Yarifuddin.

Dalam Sambutan, Bupati Natuna H.A.Hamid Rizal dampini istri Nurhayati Hamid Rizal saat membuka acara tersebut mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan dalam mencetak generasi muda Islami yang kedepan dapat diharapakan sebagai penerus tonggak kejayaan Islam, termasuk memakmurkan kegiatan-kegiatan yang bernuansakan Islami seperti halnya kegiatan STQ dan MTQ. 

Ia menyampaikan, Al-qur’an adalah pedoman hidup bagi umat Islam, segala sendi kehidupan dan permasalahannya terangkum lengkap.

“Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, serta tidak lupa saya ucapkan selamat datang pada seluruh Kafilah STQ dari seluruh kecamatan dikabupaten Natuna selamat bertanding,” ujar Bupati Hamid.

Lebih lanjut Hamid Berpesan, sebagai umat Islam, sudah merupakan kewajiban kita untuk menjadikannya sebagai pegangan utama dalam menjalani kehidupan, agar kehidupan kita berjalan sesuai jalur yang diridhoi oleh Allah SWT.

Karena itu, membaca, mendengar, memahami dan menghayati serta mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an adalah hal yang harus kita lakukan.

Lebih jauh Hamid Rizal mengungkapkan, pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini merupakan media yang membuktikan kecintaan kita kepada Al-Qur’an.

Meskipun harus kita sadari, bahwa tujuan Al-Qur’an diturunkan kepada kita, bukan hanya untuk dibaca, akan tetapi untuk dipahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hamid meminta dewan hakim jangan terpengaruh dengan intervensi terhadap keputusan yang akan diambil. Semoga hasil akhir dari STQ menggambarkan kemampuan Kabupaten Natuna.

Hal ini penting, karena para kafilah ini diseleksi untuk diusung dalam STQ tingkat Provinsi Kepri yang akan diadakan dalam waktu dekat 

“Saya berpesan kembali agar kegiatan ini dijadikan momentum mengukur kemampuan dan prestasi Natuna, serta jadi bagian upaya memberantas buta aksara terhadap Alquran,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan STQ ini merupakan salah satu sarana Ukhuwah Islamiyah bagi kita semua, serta menjadi motivasi bagi generasi muda islam untuk senantiasa mencintai dan menjadikan alqur’an sebagai landasan kehidupan guna menggapai kebahagian hidup dunia dan akhirat.

Karena itu, saya mengingatkan kepada diri saya pribadi, seluruh masyarakat, khususnya kepada para peserta, marilah kita jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari, tutup Hamid.(rikyrinov)
Teks Foto‎
Istri Bupati Hamid Rizal Nurhayati Hamid Rizal saat di stan Kecamatan pulau tiga barat Natuna.
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel