Ini Ungkapan Orang Tua Murid SLB Batam, Tuhan Mengapa Anakku Autis..?

134

Wartakepri.co.id, Batam – Batam boleh berbangga, karena pemerintah telah menyediakan sekolah negeri anak berkebutuhan khusus, di Legenda Malaka dekat SMKN2 Batam Center. Banyak orangtua menyesali diri ketika mengetahui bahwa anaknya autis. Mereka bertanya-tanya, Tuhan, apa salahku, mengapa anakku autis ?

Berikut petikan wawancarak ketika bertemu dengan Marry di SLB negeri Batam. Ia adalah seorang ibu yang menyesali diri mengapa Tuhan mengaruniakan kepadanya seorang anak autis. Tapi setelah disadari, bahwa anak yang dititipkan Tuhan harus dijaga dan dirawat.

Terlihat diwajah ibu Merry ada kegalauan yang tak dapat disembunyikan saat saya tanya, sekalipun ia mencoba menutupinya dengan beberapa ulas senyuman. Menurutnya, ia sudah merasa putus asa dengan dua anaknya mengalami gangguan.

Saat kedua anaknya lahir, tidak ada yang terlihat aneh pada anak tersebut. Namun pada usianya yang kedua, ia mengamati ada yang aneh dengan perilakunya karena asyik dengan dunianya sendiri.

Namun saat itu saya masih mencoba menghibur diri dengan beranggapan, itu hal wajar karena ia baru berusia dua tahun. Di usianya yang ketiga, oleh dorongan teman,saya membawanya ke dokter, dan betapa terkejutnya ketika mendengar vonis dokter yang mengatakan anakku mengalami gangguan pada konsentrasi dan terindikasi autis. Dunia ini terasa runtuh, dan saya langsung bertanya…Tuhan mengapa anakku Autis .?

Sejak tahu bahwa ia menderita autis, saya membawanya terapi dan pengobatan. Walau demikian, aku seringkali dihantui perasaan bersalah, apa dosaku sehingga Tuhan memberikan padaku anak yang autis ini?

Bahkan seringkali bukan hanya perasaan bersalah, namun juga perasaan malu karena semua teman-temanku tidak ada yang memiliki anak autis. Kata Merry sedih, Rabu (19/7/2017).

Mungkin kita sering mendengar mengenai sekolah luar biasa (SLB). Namun, tidak semua orang tahu SLB ternyata bermacam-macam sesuai fungsi dan kebutuhannya.

SLB diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus agar bisa mendapatkan layanan dasar yang bisa membantu mendapatkan akses pendidikan. Dengan jenis yang berbeda, berbeda pula strategi pembelajaran serta fasilitas yang dimiliki.

Berikut ini jenis-jenis SLB antara lain:

SLB A

Sekolah ini diperuntukkan bagi anak tunanetra. Mereka biasanya memiliki hambatan dalam indra penglihatan, sehingga strategi pembelajaran yang diberikan di sekolah ini harus mampu mendorong mereka memahami materi yang diberikan oleh para guru. Di SLB A ini, media pembelajarannya berupa buku braille serta tape recorder.

SLB B

Ini merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengaran atau tunarungu. Media pembelajaran yang diberikan di sekolah ini yakni membaca ujaran melalui gerakan bibir yang digabung dengan cued speech yaitu geraka tangan untuk bisa melengkapi gerakan pada bibir. Selain itu, media lainnya yakni melalui pendengaran dengan alat pendengaran yaitu conchlear implant.

SLB C

SLB C ditujukan untuk tunagrahita atau individu dengan intelegensi yang di bawah rata-rata serta tidak memiliki kemampuan adaptasi sehingga mereka perlu mendapat pembelajaran tentang bina diri dan sosialisasi. Mereka cenderung menarik diri dari lingkungan dan pergaulan.

SLB D

Ini merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam anggota tubuh mereka atau disebut tunadaksa. Pendidikan di SLB D bertujuan mengembangkan potensi diri siswa itu sendiri agar mereka bisa mandiri dan mengurusi diri mereka.

SLB E

Sekolah ini diperuntukkan bagi mereka yang bertingkat tidak selaras dengan lingkungan yang ada atau biasa disebut dengan tunalaras. Mereka biasanya tidak bisa mengukur emosi serta kesulitan dalam menjalani fungsi sosialisasi.

SLB G

SLB G diperuntukkan bagi tunaganda, yakni mereka yang memiliki kombinasi kelainan. Mereka biasanya kurang untuk berkomunikasi, atau bahkan tidak berkomunikasi sama sekali. Perkembangan dalam motoriknya terlambat, sehingga butuh media pembelajaran yang berbeda untuk bisa meningkatkan rasa mandiri anak tersebut.
( Nikson Simanjuntak )

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN