Kebiajakan Walikota Batam Menyelesaikan KTP-electronik Per Kecamatan

Walikota Batam Muhammad Rudi
Walikota Batam Muhammad Rudi


WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kebijakan baru dibuat Walikota Batam mengenai pencetakan KTP-elektronik diselesaikan per Kecamatan.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatkan, hal ini sudah dilaksanakan di kecamatan pulau penyangga (hinterland).

“Sudah dimulai di hinterland. Bulang, Galang, Belakangpadang sudah selesai. Lalu masuk ke Batuampar, selesai. Nongsa, selesai. Sekarang di Batam Kota,” kata Rudi.

Ia menargetkan pencetakan KTP-el di Batam Kota selesai dalam waktu dua pekan. Setelah Batam Kota, pencetakan dilanjutkan ke Kecamatan Sagulung. Untuk Sagulung, Rudi juga menargetkan proses pencetakan selesai dalam waktu dua sampai tiga pekan.

“Seluruh yang sudah foto, buat hari ini, diselesaikan. Target saya 1 Mei semua sudah selesai,” sebutnya.

Rudi akui kebutuhan blangko KTP-el masih berkisar 60 ribu keping. Dan pemerintah pusat memberikan blangko secara bertahap untuk daerah. Terakhir Batam mendapat 10.000 blangko yang digunakan untuk Kecamatan Batam Kota.

“Aturan dari pusatnya seperti itu. Enggak boleh kasih semua. Katanya kalau 60 ribu dikasih semua nanti tidak kerja. Maka dikasih 10 ribu. Habis, baru minta lagi. Nyatanya iya, 10 ribu dikasih, habis, saya minta, dapat lagi,” paparnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo  menegaskan bahwa blangko KTP-elektronik tersedia cukup untuk kebutuhan daerah. Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Kerja Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil (Rakernas Dukcapil) di Hotel Harmoni One Batam, Kamis (8/2).

“Blangko tercukupi. Kalau daerah habis, tinggal minta lagi saja,” kata Tjahjo.

Penyelesaian KTP-el ini penting guna mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan pemilihan umum legislasi serta pemilihan presiden 2019 mendatang. Menurut Tjahjo ciri suksesnya pilkada adalah partisipasi pemilih. Dan guna mensukseskan pesta rakyat ini, Kementerian Dalam Negeri bersama pemerintah daerah harus proaktif dalam menyelesaikan pembuatan KTP-el.

“Harus detail terdata. Di kota mana, kelurahan mana, RT mana. Siapkan dengan baik. Ini tanggungjawab kita bersama,” ujarnya.

Sumber : Media Center Batam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News