Kadin Dukung Program Pemkab Bintan Untuk Mengembangkan Industri Pariwisata dan UMKM

Kadin Dukung Program Pemkab Bintan Untuk Mengembangkan Industri Pariwisata Bintan

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bintan berkomitmen mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan meningkatkan sektor pariwisata. Untuk menunjang pengembangan industri pariwisata, aksesibilitas menjadi penting agar wisatawan semakin banyak dan nyaman berkunjung ke Bintan. Demikian disampaikan Ketua Kadin Bintan Edi Rusman Surbakti, seusai dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Kadin Bintan Periode 2018-2023.

“Fokus dan perhatian kami untuk saat ini pada sektor pariwisata, mengingat sektor ini sangat mendukung dalam peningkatan perekonomian di Bintan,” ujar Edi kepada Kabarbatam.com.

Acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Kadin Kabupaten Bintan dihadiri Bupati Bintan Apri Sujadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Procinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, Kapolres Bintan, pimpinan FKPD Se-Kab Bintan, Ketua Kadin Kepri Akhmad Maruf Maulana dan para tokoh Kadin serta pengurus Kadin Provinsi Kepri.

PKP EXPO

Dalam Forum Group Discussion (FGD) dengan tema; Membangun Pariwisata Bintan yang berlangsung di De Bintan Villa Resort, Jalan Lintas Barat, Teluk Bintan, Edi mengatakan, aksesibilitas di kawasan Bintan Timur yang perlu mendapatkan perhatian. Ini penting karena bisa memudahkan arus wisatawan yang ingin masuk ke Bintan.

Dengan pembangunan aksesibilitas itu, akses jalan yang menghubungkan Bintan Timur dan Utara bisa saling terintegrasi. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bintan, Pelabuhan Internasional Tanjung Berakit bisa menjadi pilihan sehingga akses menuju ke Bintan Resort juga semakin dekat.

“Hanya tinggal menyambung sedikit saja daerah Penghujam, maka ruas jalan tersebut bisa saling terintegrasi. Kalau sudah terlaksana, wisatawan nggak perlu lagi mutar ke Tanjungpinang baru ke Bintan,” ujar Edi.

Kadin Bintan, sambung Edi, sangat mendukung dan mendorong Pemkab Bintan dapat segera mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Berakit. Dengan hadirnya pelabuhan ini, arus wisatawan mancanegara (wisman) terutama rute Berakit-Johor (Malaysia) dapat lebih mudah masuk ke Bintan.

“Dengan beroperasina pelabuhan tersebut, jumlah kunjungan wisman ke Bintan, terutama ke destinasi Pantai Trikora semakin meningkat,” ujarnya. Sebagai mitra pemerintah, kata Edi, Kadin Bintan siap membantu pemerintah menciptakan destinasi dan objek wisata baru di Bintan.

“Bintan memiliki keindahan alam, selain pantai juga wisata hutan mangrovenya. Ini bisa menjadi salah satu destinasi baru bagi wisman, menyusuri hutan mangrove yang terdapat di beberapa wilayah di Bintan,” ujarnya.

Selain aksesibilitas, Kadin juga fokus dalam pengembangan sektor UMKM. Kadin berupaya membantu meningkatkan mutu dan kualitas produk UMKM Bintan. Dan mempromosikannya agar semakin banyak wisman yang tertarik dan membeli produk UMKM tersebut.

Produk UMKM kita, sambung Edi, seperti makanan dan kuliner khas Bintan, aksesoris atau cindera mata, dan produk-produk UMKM lainnya banyak dimintai wisman.

“Bahkan produk UMKM tersebut banyak dipesan pengelola hotel dan resort karena banyak diminati wisman. Nah, ini yang terus kita galakkan agar UKM atau UMKM kita dapat meningkatkan mutu dan kualitas produknya sehingga makin diterima ole pasar mancanegara,” ujarnya.

Dikatakan Edi, sementara ini pihaknya fokus pada sektor pariwisata dan pengembangan UMKM Bintan. Di samping itu juga membantu pemerintah dalam pengembangan sektor lain termasuk industri.

“Oleh pemerintah sendiri, untuk penerapan KEK belum beroperasi, dan industri kita seperti kegiatan smelter alumina juga akan kita gesa pengoperasiannya,” ujar Edi.(*)

Sumber: Anwar/KB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG