KRI Teuku Umar 385 Tangkap Kapal Ikan Asal Vietnam dan Amankan 13 ABK di Lanal Tarempa

408
KRI Teuku Umar 385 Tangkap Kapal Ikan Asal Vietnam dan Amankan 13 ABK di Lanal Tarempa

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Kapal Berbendera Vietnam berhasil diamankan KRI Teuku Umar 385 di landas Kontinen ZEE dekat Rik Anoa yang berbatasan dengan Vietnam dan Malaysia namun kapal tersebut di tangkap memasuki dan menangkap ikan di wilayah perairan Indonesia Laut Natuna Utara, Sabtu (30/3/2019).

Telah diamankan Satu buah kapal Vietnam dengan nomor lambung BD 98116 TS serta Anak Buah Kapal berjumlah keseluruhan 13 orang, dan semuanya berasal dari negara Vietnam pada saat kapal tersebut di tangkap sedang melakukan penangkapan ikan di perairan laut indonesia.

Kapal di tangkap karena melakukan pelanggaran penangkapan ikan di daerah perairan laut Indonesia,landas kontinen ZEE dan tidak memiliki dokumen yang sah sesuai peraturan per undang undangan RI pada tanggal 29 maret 2019 sekitar pukul 02.30 WIB, kapal ditangkap, saat ini Kapal dan ABK di amankan di Lanal Tarempa guna proses lebih lanjut.

Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim,ST.Msi Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa mengatakan kepada awak media bahwa KRI Teuku Umar 385 dari jajaran Koarmada I telah berhasil menangkap dan mengawal kapal ikan asing dari Vietnam, kapal ini terbukti telah melaksanakan pelanggaran wilayah sekaligus melakukan penangkapan ikan di wilayah ZEE Indonesia.

Pada saat kapal tersebut di tangkap kapal sedang melakukan penarikan jaring ikan di perairan laut Indonesia dengan tidak mengantongi izin yang sah sesuai dengan undang undang negara Republik Indonesia.

Pada saat kapal ikan asing tersebut di dekati oleh KRI Teuku Umar 385 pihaknya tidak menyadari bahwa kapal yang merapat ke kapal vietnam tersebut adalah KRI Teuku Umar 385 kemudian dilakukan penghentian secara paksa oprasi Ilegal Fhissing oleh Nelayan Vietnam.

” Saat ini Kapal dengan nomor Lambung BD 98116 TS beserta 13 ABK Kapal diamankan di Lanal Tarempa guna pemeriksaan lebih lanjut,” terangnya.

Letkol Laut (P) Abdul Rajab.B Komandan KRI Teuku Umar 385 mengatakan bahwa penangkapan dilakukan pada tanggal 29 Maret 2019 sekitar pukul 02.30 WIB di daerah wilayah laut Natuna Utara landas Kontinen ZEE laut Indonesia.

Sudah menjadi patroli Rutin KRI Teuku Umar 385 di daerah tersebut, serta pihaknya juga di dukung oleh unsur unsur pesawat intai maritim milik Angkatan Laut yang membantu mendeteksi upaya upaya ilegal yang dilaksanakan di perairan Indonesia baik di perairan laut Indonesia sendiri maupun di laut perairan yang lebih dalam pihaknya tidak memberikan toleransi kepada siapa saja yang melanggar sesuai perintah Panglima Komandan 21 mengatakan bahwa tidak ada toleransi.

” Meskipun mungkin selama ini banyak juga dilindungi oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam maupun Coas Guard dan kapal perang milik Vietnam namun tidak menjadi alasan bagi KRI Teuku Umar 385 untuk menangkap dan mengamankan wilayah perairan indonesia,”tegasnya.(Rama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel