Masjid Sultan Mahmud Batam, Merupakan Masjid Dengan Kubah Terbesar di Indonesia





WARTAKEPRI.CO.ID, Pemerintah Kota Batam memperkenalkan kepada masyarakat sebuah masjid baru yang berada di Kota Batam. Masjid tersebut adalah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam. Hal tersebut bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam atau 1 Muharam. Selain itu, Masjid tersebut memiliki kubah terbesar di Indonesia, dengan bentangannya yang mencapai 63 meter.

Kabarnya, Masjid tersebut merupakan Masjid perpaduan gaya khas Turki yang telah dipadukan dengan 8 membran atau payung bernuansa masjid Nabawi Madinah, dan paduan warna warna Kuning, dan hijau di dalam kubah yang menjadi ciri Melayu. Masjid tersebut juga dikabarkan merupakan

“Diharapkan keberadaan masjid ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batam khususnya di Kecamatan Batuaji dan Sagulung, ” kata Efrius dikutip dari Liputan6.com. Efrius sendiri merupakan Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Batam.

Di masjid itu sendiri, ornamen-ornamen mulai terpasang. Seperti tulisan Sultan Mahmud Riayat Syah yang dipasang menyerupai penulisan dalam bahasa Arab.

Di bagian bawah, dibangun kolam yang menampung aliran air dari atas, disitulah tulisan Mahmud Riayat Syah dipajang.

“Masjid ini jelas sangat menarik untuk berswafoto pengunjung. Apalagi keramik masjid juga sudah selesai dipasang,” kata Efrius.

Saat ini, masih dalam proses penyelesaian. Mulai dari memasangan plafon ruang salat utama, hingga memasang sound system. Proses lain adalah membangun pagar, memasang kaca, dan menyelesaikan pembangunan menara pandang. Kubah utama masjid tersebut berukuran 46,42 meter, dilukis berornament Melayu.

 

Dilansir melalui : Liputan6.com



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA