Selain Modal, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan untuk Mulai Online Shop





Saat ini siapa pun bisa mulai bisnis online karena beragamnya media yang disediakan, mulai dari media sosial hingga marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Siapa pun kini bisa mulai bisnis online. Baik itu muda atau orang yang sudah berumur sekali pun ramai-ramai membuka toko online mengingat peluangnya begitu besar. Bahkan, buat kamu yang merupakan seorang pegawai kantoran pun masih bisa untuk menjalankan bisnis online tersebut sebagai usaha sampingan.

Cara memulainya yang mudah dan bisa dijangkau oleh siapa pun membuat banyak orang tertarik untuk terjun ke dalam bisnis online. Selama ada internet yang mumpuni, kamu bisa memulainya. Makanya penting untuk berburu promo pulsa xl agar pulsa dan paket internet kamu tetap terisi.

Nah, buat kamu tengah mempersiapkan diri untuk memulai online shop, kamu bisa menyimak beberapa hal di bawah ini sebelum serius terjun dalam dunia bisnis online. Yuk, disimak!

1. Punya perencanaan yang matang

Persiapan utama sebelum mulai berbisnis online adalah menentukan rencana yang sudah matang. Meski bisnis ini hanya untuk dijadikan sampingan, kamu tetap harus mempunyai perencanaan yang matang. Minimal kamu sudah tahu barang apa saja yang ingin kamu jual dan siapa target pasarnya.

Selanjutnya, rencanakan konsep penjualannya dan seberapa sering kamu akan merilis koleksi terbaru. Tentukan media sosial mana yang ingin kamu gunakan. Apakah hanya menjualnya di media sosial atau di situs penjualan online. Pertimbangkan keuntangan dan kekurangan dari setiap media yang kamu gunakan.

Pikirkan pula caption yang seperti apa yang ingin kamu tulis di media sosial untuk menarik pelanggan. Jika dari awal kamu sudah mempersiapkannya secara matang, dijamin usaha yang akan kamu jalani akan kuat dan bisa bertahan lama.

2. Mempersiapkan gadget yang mumpuni

Jika poin nomor satu sudah matang, kini giliran kamu mempersiapkan gadget. Mengingat semua penjualan dilakukan secara online, setidaknya kamu harus memiliki perangkat gadget yang mumpuni, seperti laptop dan smartphone. Kalau kamu berencana memotret semua produkmu seorang diri, siapkan juga kamera yang berkualitas agar hasil fotonya maksimal.

Meski mengeluarkan biaya besar di awal, anggap saja hal tersebut sebagai investasi. Yang terpenting, kukuhkan niatmu untuk memulai bisnis online. Kalau sudah serius ingin menjalankannya, hal-hal semacam ini tentu bukan menjadi masalah.

3. Menentukan strategi pemasaran yang tepat

Strategi pemasaran bisa dibilang sebagai ujung tombak dari sebuah bisnis online. Untuk itu, kamu haryus memikirkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis online yang kamu rintis berjalan sukses. Untuk pemula, kamu bisa memanfaatkan bantuan keluarga dan teman dekat guna mempromosikan produk yang kamu jual. Atau, kamu juga bisa memberikan sampe produk jualanmu.

4. Pilih nama online shop yang tepat

Kamu pasti sudah sering mendengar ungkapan ‘nama adalah doa’. Sama halnya dengan mencari nama untuk seorang anak yang baru lahir, nama untuk online shop juga harus dipikirkan matang-matang. Dengan nama yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksesan bisnismu.

Kamu bisa memilih nama berdasarkan karakter online shop milikmu. Misalnya, kamu mau berjualan kerudung, kamu bisa menambahkan kata ‘scarf’ pada akhir nama online shop.

5. Buat website

Mungkin awalnya kamu hanya ingin memasarkan produkmu di marketplace atau di media sosial. Kedua media tersebut memang sangat membantu, tapi untuk bisnis yang sudah besar, tak ada salahnya untuk membuat sebuah website sendiri. Tentunya hal ini akan memudahkan para pembeli dalam memilih produk.

Jadi, sudah siap mulai berbisnis online?



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA