Sukses, KM Sabuk Nusantara 80 Uji Sandar di Kecamatan Pulau Laut Natuna

373

WARTAKEPRI.CO.ID – Bupati Kabupaten Natuna, H.A Hamid Rizal, melalui Kadis Perhubungan Natuna menyebutkan hadirnya KM Sabuk Nusantara 80, berlayar di Kecamatan Pulau Laut, membuktikan kepedulian Presiden Joko Widodo.

Melalui Kementerian Perhubungan Ditjen Perhubungan Laut, konsen merespon masalah transportasi laut di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

Kadis Perhubungan Natuna, Iskandar DJ mengatakan, selama ini warga Kecamatan Pulau Laut hanya dilayani dengan kapal kayu milik warga setampat untuk pelayaran antar pulau.

Iskandar mengatakan, uji sandar itu dimaksudkan untuk mengukur kekuatan bollard (tempat tambat kapal) yang sudah dibangun sepanjang dermaga Pelabuhan pulau laut, Natuna.

Menurut Iskandar, kekuatan antara kapal barang dengan kapal penumpang tentu berbeda, makanya perlu dilakukan uji kelayakan di dermaga laut Natuna utara.

Harris Day Batam

“Secara teknis memang fasilitas pelabuhan yang sudah rampung sudah sesuai dengan rencana pembangunan. tetapi harus diuji kualitasnya secara langsung,” ujar Iskandar dampingi  Totok Basuki, kasubdit V Dir. Kepelabuhan dan Kuup Tarempa Heru Supriyadi dari Dirhubla. turut ikut menyaksikan langsung ke pulau Laut.

Dengan adanya bantuan kapal motor bantuan dari Kementerian Perhubungan RI hal itu sangat disyukuri seluruh warga Natuna, untuk lebih mudah konektivitas antar wilayah melalui penyelenggaraan tol laut.

“Hal ini, tentu masyarakat kita syukuri, karena sudah sekian tahun kami memang mengharapkan hadirnya kapal terutama untuk pelayaran antar pulau di Natuna,” kata Iskandar.

Iskandar mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI, pasalnya setelah sekian tahun permohonan penambahan armada transportasi laut yang diajukan Pemkab Natuna bersama Pemprov Kepri mendapat respon yang cukup baik.

“Alhamdulilah, Sabtu (26/10), telah bersandar KM sabuk nusantara 80 dipelabuhan perintis pulau laut desa Air Payang, pukul 9 pagi,” ujar Iskandar.

Senada disampaikan Sudirman, Camat Pulau Laut, mengatakan, Masyarakat pulau laut bersyukur dengan adanya kegiatan uji coba ini. “kita Harapkan Ini menunjukkan bahwa kedepannya kapal perintis akan dapat bersandar secara permanen disini,” ujar Sudirman, kepada Wartakepri.co.id, (26/10/2019).

Dia mengatakan, Kapal sabuk Nusantara selama ini sudah masuk di pulau laut, baik Kapal sabuk 80 maupun 83 dan juga kapal KM Permata.

Tetapi harus berlabuh dilaut dan menggunakan pompong masyarakat untuk merapat ke pelantar rakyat tanjung batu desa air payang.

Uji Coba uji labuh dipelabihan baru ini, lanjut Sudirman tentu akan berdampak pada kemudahan proses bongkar barang dan penumpang warga masyarakat Natuna.

“Kita berharap kedepan dinas perhubungan Natuna dapat memenuhi fasilitas pendukung seperti tangga turun ke laut jika ada bongkar muat yang akan diambil,” sebut Sudirman.

Masih kata Sudirman, juga diperlukan rumah tunggu ditengah pelabuhan serta akses jalan ke pelabuhan perintis. “Agar pelabuhan ini dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut didaerah paling utara indonesia,” tutupnya.(Rky)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN