Danlanudal Matak Arief Gunawan Pastikan Prajurit Tahu Cara Gunakan APAR Kebakaran

261

Wartakepri.co.id, Anambas – Danlanudal Matak Mayor Laut (T) Arief Gunawan Memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara penanganan Kebakaran pada kegiatan Inservice training Prajurit Lanudal Matak bertempat di Garasi PMK Lanudal Matak, Kamis (21/11/2019).

Pada kesempatan tersebut, Danlanudal Matak menjelasakan dengan gamblang Jenis-jenis Alat pemadam Api Ringan serta golongan-golongan kebakaran. Alat pemadam Api ringan ini dipergunakan untuk memadamkan suatu kebakaran yang lingkupnya kecil dimana proses pemadamannya dapat dilakukan oleh perseorangan dengan menggunakan Tabung PMK bertekanan. Berdasarkan jenis APAR yang digunakan dapat digolongkan menjadi 3 Jenis yaitu:

APAR berbentuk Foam/Busa yang digunakan untuk memadamkan api yang berasal dari Bahan Non Ferros seperti Kayu, Karet, plastik dan Kain dimana jenis kebakaran masuk pada golongan kelas A. Apar ini juga dapat digunakan untuk Kebakaran Kelas B yakin kebakaran yg bersumber dari bahan cairan yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, Solvenet dsb.

APAR Berbentuk Serbuk Kimia/Dry Chemical Powder dimana jenis ini merupakan campuran dari Monoamonium dengan ammonium Sulfat. Apar jenis ini sangat efektif untuk memadamkan kebakaran kelas A,B dan C. Apar berbentuk Gas CO2 dimana jenis ini menggunakan gas Carbon Dioksida sebagai bahan utama pemadam dan sangat cocok untuk kebakaran Kelas B dan C.

PKP HIMALAYA

Diulas juga lebih dalam tentang kelas atau golongan kebakaran yg dibagi menjadi 4 (empat) Jenis, Yaitu:

1. Kebakaran Kelas A bersumber dari bahan Non Ferros (Kayu, kertas, Karer, Kain dll).
2. Kebakaran Kelas B bersumber dari bahan cairan/Minyak yg mudah terbakar seperti bensin, Solar, Minyak Tanah, Alkohol, dll.
3. Kebakaran Kelas C dimana kebakaran ini berasal dari Listrik yg sangat efektik dipadamkan oleh Apar CO2 dan Dry Chemical.
4. Kebakaran Kelas D, kebakaran berasal dari bahan logam mudah terbakar seperti Magnesium, Aluminium Lithium dan potasium

Selesai penyampaian materi tersebut, seluruh Prajurit Lanudal Matak melaksanakan Prakter memadamkan Api dengan menggunakan Kendaraan Khusus PMK Lanudal Matak dengan mengenakan Pakaian Pemadam Kebakaran lengkap.

Danlanudal Matak berharap dengan kegiatan ini seluruh prajurit Lanudal Matak bisa menambah pengetahuan dan mengerti bagaimana cara menangani apabila terjadi kebakaran. (Sumber Pen Lanudal Matak).(Rama).

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel