Bupati Anambas Berikan Bantuan dan Pelayanan Kesehatan Kurang Gizi di Desa Sri Tanjung



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Dialog Kesehatan Dasar dan Penyerahan Bantuan Kesehatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan “Kurang Gizi” di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), terlihat antusias Warga menghadiri kegiatan tersebut, kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Sabtu, (30/11/2019).

Kegiatan pelayanan kesehatan tersebut dipimpin oleh Abdul Haris.SH (Bupati KKA) dan dihadiri oleh Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Herianto (Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana/Kadinkes PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas), Akhmaruzzaman (Kabag Humas dan Protokol KKA), Penglek (Kades Sri Tanjung), serta diikuti 100 orang masyarakat Desa Sri Tanjung.

Abdul Haris.SH (Bupati KKA) dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelayanan kesehatan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. Disamping program lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan dan infrastruktur jalan.

Ia juga menambahkan masalah kesehatan ada 3 yaitu Bibit penyakit, Lingkungan kurang sehat dan Perilaku kurang sehat, untuk itu, saya mewakili Pemerintah Daerah berharap masyarakat Desa Sri Tanjung dapat menjaga hidup sehat dengan olahraga teratur, tanamkan Paradigma sehat dengan kegiatan Preventif yaitu proaktif memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah resiko penyakit, melindungi ancaman penyakit, peran aktif dalam upaya kesehatan, cara memperoleh air bersih agar memenuhi syarat kualitas kesehatan.

Hal ini untuk meminimalisir penyakit karena kalau seseorang sudah terkena penyakit maka biayanya akan mahal, lebih baik mencegah daripada mengobati.ucapnya.

Program penyerahan bantuan pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi gizi sehingga dapat menciptakan generasi muda yang sehat, apabila anak usia dini mengalami kekurangan gizi maka dapat mengancam perkembangan fisik dan mental anak – anak.

Herianto (Kadinkes PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas) juga mengatakan bahwa Pelayanan kesehatan di Desa Sri Tanjung dinilai sudah cukup baik, namun permasalahan gizi buruk pada balita/stunting masih cukup tinggi.

Untuk itu, pihaknya akan menyelesaikan penanganan gizi buruk pada balita/stunting, namun, tidak dapat hanya mengandalkan dokter, semua pihak seperti Dinas Kesehatan, organisasi wanita, dan Bidan harus berperan aktif, terutama yang berada di Puskesmas dan Posyandu sebagai ujung tombak penanganan penanganan gizi buruk pada balita/stunting.

Ditambahkan lagi bahwa semua orang mempunyai hak yang sama untuk memperoleh kesehatan, karena kesehatan milik semua orang, perilaku hidup sehat adalah pribadi masing masing, untuk itu, kita semua masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas juga perlu mengetahui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana terdapat 10 indikator, antaranya adalah Persalinan ditolong oleh Tenaga Kesehatan, Memberi bayi Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif, Menimbang bayi dan Balita, Mencuci tangan dgn air bersih mengalir dan sabun, Menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik dirumah, Makan sayur dan buah setiap hari, Melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan Tidak merokok di dalam rumah/ruangan.

Selain itu dilaksanakan juga penyerahan bantuan PMT ASI secara simbolis dari Bupati dan Wakil Bupati KKA kepada warga Desa Sri Tanjung.

Penglek Kades Sri Tanjung juga memberikan tanggapannya bahwa pemberian makanan tambahan kepada balita sangatlah bagus, ada 3 balita dari pihak Puskesmas Tarempa dirinya sangat mendukung kegiatan tersebut, dan ia berharap setiap tahun agar dilakukan di Desanya yaitu Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Program penyerahan bantuan pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi gizi sehingga dapat menciptakan generasi muda yang sehat,Tuturnya.(Rama).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA