Akhir Januari 2020 Lalu, Dinas UMKM Batam Telah Salurkan Dana KUR Perorangan Capai Rp 300 Juta

Foto. Taufik Chan





WARTAKEPRI.CO.ID, BATAM – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam Suleman Nababan, saat acara sosialisasi Perizinan, Kredit Usaha Rakyat, Dana Bergulir Perizinan Berusaha melalui OSS (Online Single Submission) dan Konsultan Pendampingan melalui PLUT KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah).

“Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tersedia saat ini untuk KUR mikro hingga Rp50 juta, dan KUR kecil hingga Rp500 juta. Sedangkan dana bergulir untuk usaha perorangan, tersedia hingga Rp100 juta, dan untuk koperasi ada Rp300 juta,”ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam, Suleman Nababan Kamis (6/2/2020)

Dijelaskannya, Sosialisasi KUR usaha mikro, kecil serta dana bergulir dari Pemerintah Kota Batam, sudah dilaksanakan di setiap kecamatan (12 Kecamatan Se-Kota Batam), mulai tanggal 23 hingga 28 Januari 2020 lalu,”jelasnya.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk percepatan pengembangan, kemudahan perizinan, dan pembiayaan/permodalan bagi KUMK dan Sektor Riil Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro,”terangnya.

Selain itu, ia menyebut Program ini bekerjasama dengan PT BRI (Persero) tbk, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batam, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Batam (uptd. Fasilitasi Dana Bergulir).

Menurut Suleman Nababan, Izin Usaha Mikro selama ini diterbitkan oleh kecamatan, seiring terbitnya PP 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

“Dengan demikian, semua perizinan berusaha melalui OSS, dalam hal ini dilaksanakan oleh DPM-PTSP untuk memberikan dukungan pengembangan usaha dan mengatasi permasalahan yang dihadapi pelaku Koperasi dan Usaha Mikro Kecil,”ucapnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Batam saat ini telah mengoperasionalkan Gedung PLUT KUMKM untuk memberikan konsultasi dan pendampingan bagi pelaku usaha sehingga bisa naik kelas,” pungkasnya.(*)

Kiriman : Taufik Chan



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA