PPIH Embarkasi Batam Dilantik, Layani Jemaah Beribadah Dengan Aman dan Nyaman

PPIH Embarkasi Batam Dilantik, Layani Jemaah Beribadah Dengan Aman dan Nyaman
Uji kualitas makanan jemaah haji Indonesia selama penerbangan

WARTAKEPRI.co.id, BATAM– Panitian Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Batam tahun 1443 H /2022 Masehi resmi dilantik. Panitia inti yang dilantik dari berbagai instansi di Batam, akan melayani Jemaah Calon Haji (JCH) dengan ikhlas.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang diwakili oleh Asisten I Pemprov Kepri Raja Hery Mokhrizal mengatakan, Pemerintah Arab Saudi menetapkan hanya jemaah calon haji yang berusia di bawah 65 tahun yang akan berangkat

“Pemerintah Kepri mengucapkan selamat bertugas. Petugas merupakan orang pilihan untuk melayani jemaah haji. Petugas mengemban amanah dan wasilah dalam penyelenggaraan ibadah haji. Pemerintah terus meningkatkan pelayanan agar jemaah melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman,” ujar Raja Hery, di Batam Centre, Sabtu (21/5/2022).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepri, Mahbub Daryanto mengatakan, sebanyak 23 orang panitia inti (lokal) mencakup beberapa instansi untuk membantu proses Ibadah haji JCH, dengan didukung oleh 88 orang panitia diperbantukan dari pusat.

“Panitia inti yang terlibat mulai dari kesehatan, Kepolisian, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan dan Bandara Hang Nadim,”

Panitia dibagi dalam dua bagian yakni panitia inti dan panitia kesehatan dari Kemanag. Panitia tersebut nantinya akan bertugas menyambut jemaah, mengurus izin (clearance) kesehatan, beacukai, semuanya termasuk pembagian gelang pengenal serta uang saku jemaah atau living cost di asrama haji.

“Proses clearance dilakukan 1×24 jam di situ dicek apakah ada penyakit, apakah barang bagasinya sudah benar atau belum. Apabila sudah clearance baru besoknya boleh berangkat,” kata Mahbub.

Setiap petugas juga dibekali dengan manasik haji sebanyak delapan kali di kantor KUA dan dua kali di kantor Kemenag dan manasik terakhir di Aasrama haji.

“Setelah di asrama haji akan dicek kembali apakah sudah benar-benar memahami tahap-tahap dari proses ibadah haji nantinya di tanah suci,” jelas Mahbub.

Mahbub berpesan untuk petugas yang terpilih laksanakan tugas dengan ikhlas dan sabar. Keihlasan yang utama karena jemaah terdiri dari berbagai macam karakter.

“Harus pinter-pinter menghadapi jemaah karena tugas Kita menjadi pelayan, siapapun jemaahnya mulai dari pejabat sampai ke level bawah, berikan layanan terbaik. Bila ada kendala atau masalah segera berkomunikasi dengan panitia,” pesannya.

Kesempatan ini juga dilakukan uji kualitas makanan (meal test) yang akan disajikan untuk jemaah haji Indonesia selama dalam penerbangan menuju ke Tanah Suci dan pulang ke Tanah Air, hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas menu yang disajikan.

Pelantikan PPIH embarkasi Batam turut dihadiri oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Wakil Ketua DPRD Kepri, Kakanwil Kemenag Kepri, Kakanwil Kemenag Batam, Kakanwil Kemenag Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat dan Panitia yang dilantik. (adi).

FANINDO

Honda Capella