BPS Sosialisasi Sensus Penduduk Cara Online ke Bupati dan Disdukcapil Kabupaten Karimun – WartaKepri.co.id
14 views

BPS Sosialisasi Sensus Penduduk Cara Online ke Bupati dan Disdukcapil Kabupaten Karimun

BPS Sosialisasi Sensus Penduduk Cara Online ke Bupati dan Disdukcapil Kabupaten Karimun





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Berdasarkan peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 39 Tahun 2019 dan peraturan Presiden nomor 62 tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia, Bupati Karimun yang turut serta didampingi oleh Wakil Bupati Karimun, Kepala BPS Karimun, Kepala Disdukcapil, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun, pada Selasa (18/2/2020), membuka rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk tahun 2020 di Ruang Rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun.

Pada peluncuran sensus penduduk tahun 2020 secara online tersebut, guna mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan, perlu didukung dengan data-data yang akurat, mutakhir, terpadu, serta dapat dipertanggungjawabkan, sehingga mudah diakses dan dikelola secara seksama, terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, diperlukan perbaikan tata kelola data yang dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia,” terang Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq seusia mengelar rapat.

Dikatakannya, selama ini belum ada ketentuan yang mengatur mengenai Satu Data Indonesia, dan tentunya Badan Pusat Statistik (BPS) beserta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun untuk bekerjasama sama dalam rangka melakukan sensus penduduk secara online atau secara mandiri ini.

“Dan tentunya dalam rapat koordinasi ini pemerintah daerah mengharapkan agar seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Karimun bersama-sama dengan TNI-Polri untuk dapat membantu pelaksanaan sensus penduduk ini,” ujarnya.

Bupati Aunur Rafiq menyebut, kalau program ini dapat terlaksana dan tersosialisasi dengan baik, meskipun dengan sistem online secara mandiri ini kita memerlukan bimbingan-bimbingan. Oleh Karena itu petugas-petugas sensus BPS akan terjun langsung ke Kecamatan-Kecamatan, dan juga ke desa dan Kelurahan.

“Apabila tidak tercapai sampai dengan 30 Juni 2020, itu akan dilakukan sensus penduduk tahap kedua, yaitu sensus penduduk wawancara, dimana petugas sensus yang akan datang langsung kerumah-rumah, karena petugas ini sudah memiliki data, siapa saja yang belum melakukan sensus penduduk secara mandiri (online),” pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun Nurul Choiriyati mengungkapkan bahwa, cara mengoperasikannya sistem ini yaitu dengan menggunakan handphone.

“Besar harapan dapat mengcover keseluruhan penduduk di wilayah Kabupaten Karimun, dimana kalau tidak ada jaringan atau offline, maka datanya dikumpulkan terlebih dahulu, dan kalau sudah ada jaringan baru dapat dikirimkan seluruh data-datanya,” ungkapnya.

Nurul menambahkan, untuk sensus online ini yang dibutuhkan adalah nomor kartu keluarga (KK), nomor NIK yang ada di KTP, lalu nomor buku nikah atau surat cerai dan akte kematian.

“Disini yang pertama akan mengisikan NIK dan KK, kemudian cek keberadaan, dimana kalau kartu keluarganya itu kondisinya sebelum bulan Juni 2020 akan terakomodir, akan tetapi kalau ada perubahan setelah bulan Juni 2020 tidak dapat terakomodir, sehingga tidak dapat mengikuti sensus secara online,” terang Nurul.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa, selanjutnya meninjau kondisi rumah, apakah milik pribadi, rumah dinas, atau mengontrak dan lain sebagainya.

“Selanjutnya akan masuk pada data Individu yang dimulai dari kepala keluarga yang ada pada kartu keluarga tersebut, serta seluruh anggota keluarga,” pungkasnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

14 views