Tahta Ketum Partai Demokrat Menguat Antara AHY yang Populer dan Ibas Berpengalaman di Politik – WartaKepri.co.id
13 views

Tahta Ketum Partai Demokrat Menguat Antara AHY yang Populer dan Ibas Berpengalaman di Politik





WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan menjadi calon tunggal ketua umum Partai Demokrat menggantikan sang ayahanda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun kabar itu dibantah oleh Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan.

“Belum dinyatakan,” ujar Syarief Hasan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Ketika disinggung nama Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Syarief mengatakan adik AHY tersebut berpeluang pula menjadi calon ketua umum partai berlambang mercy itu.

“(Ibas jadi calon?) Oh iya bisa dong, bisa, sangat bisa. Mas Ibas itu termasuk kader muda Demokrat yang sangat berpotensi,” kata dia.

Namun, Syarief membantah apabila keduanya akan bersaing untuk menggantikan SBY. Ia hanya menegaskan bahwa di Demokrat banyak calon pemimpin.

” Ya nggak lah, nanti itu kan masing-masing ada porsinya. Kita hanya tau bahwa di Demokrat banyak calon-calon pemimpin lah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua MPR RI tersebut juga membeberkan syarat menjadi calon ketua umum Partai Demokrat. Salah satunya pernah menjadi pengurus DPP partai dan memiliki prestasi.

“(Calon ketua umum) Harus ada prestasi dong, latar belakang, integritas, loyalitas, pengabdian selama ini di Partai Demokrat. Kemudian sudah pernah menjadi pengurus DPP Partai Demokrat, itu kan juga menjadi pertimbangan,” tandasnya.

AHY dan Ibas Sama Kuat

Sementara itu, pakar politik Hendri Satrio seperti diberitakan oleh detik,com, peluang
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sama kuat jika maju mencalonkan jadi Ketua Umum Partai Demokrat

“Ini menarik, kalau secara internal Ibas itu lebih dikenal di PD, selain pengurus sudah lama, dia juga anggota DPR jadi banyak berinteraksi dengan kader PD di DPR. Jadi kalau kader atau pengurus pasti mereka lebih suka Ibas memimpin karena Ibas lebih memahami secara politik dari AHY,” kata pakar politik Hendri Satrio kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Namun, di sisi lain, AHY punya kelebihan dari sisi popularitas. AHY moncer setelah bikin kejutan di Pilgub DKI: meskipun kalah, popularitasnya sempat melejit.

“Tapi kelihatannya memang SBY mempersiapkan AHY untuk itu dan publik lebih mengenal AHY ketimbang Ibas,” kata Hendri.

Founder KedaiKOPI ini lantas mencoba menganalisa siapa yang bakal dipercaya SBY jadi next ketua umum PD.

“Jadi kalau ditanya siapa yang lebih pantas memimpin PD pasti pilihannya ada pada SBY. Ya kalau mau memperkuat kader lebih baik Ibas, tapi kalau popularitas tinggi lebih baik AHY,” katanya.

Keduanya punya plus-minus, namun Hendri memandang sinyal kuat SBY akan mempercayakan ketum PD ke AHY yang kini sudah menjabat Waketum PD.

“Tampaknya SBY lebih suka anak yang memang datang dari pendidikan militer, anak emasnya itu,” pungkasnya.(*)

Sumber : tribunews/detik



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

13 views