Wabub Pimpin Rakerda VI LPTQ Kabupaten Karimun, Sekarang Dilarang Datangkan Peserta dari Luar – WartaKepri.co.id
66 views

Wabub Pimpin Rakerda VI LPTQ Kabupaten Karimun, Sekarang Dilarang Datangkan Peserta dari Luar





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Rangkaian pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke – XII tingkat Kabupaten Karimun, telah berakhir. Komisi A bidang program kerja LPTQ Kabupaten Karimun telah menyelesaikan sidang komisi, yang disahkan dalam sidang pleno Rakerda VI, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim di Aula Kantor Kementerian Agama yang terletak di jalan Jenderal Soedirman, Poros Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi kepulauan Riau, Kamis (12/3/2020).

Turut serta hadir pada pelaksanaan kegiatan mengesahkan program dan rekomendasi dari Rakerda LPTQ VI Kabupaten Karimun tahun 2020, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten karimun, Drs. H. Jamzuri, perwakilan Forkopimda Kabupaten Karimun, Kabag Kesra dan kemasyarakatan irwan Dinovri, seluruh Camat dan Sekcam, serta seluruh para panitia dan peserta Rakerda.

“Tentunya Pemerintah Daerah mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Rakerda karena disana banyak unsur yang hadir, besar harapan dapat menuangkan pemikiran-pemikiran bagaimana caranya dapat mengembangkan Al’Quran di Karimun,” terang Wakil Bupati H. Anwar Hasyim seusai membuka Rakerda VI LPTQ Kabupaten Karimun tahun 2020.

Dirinya mengharapkan bahwa, Kabupaten karimun kedepannya dapat menjadikan Al’Quran memasyarakat, dan masyarakatnya sendiri cinta kepada Al’Quran. sehingga apabila masyarakat sudah membiasakan dengan membaca, mengartikan sekaligus mengamalkannya, kesejukan dan keharmonisan daerah pasti akan terwujud.

“Pastinya tidak akan membawa perilaku-perilaku yang tidak baik, dan akan mengantarkan perilaku yang baik, dengan perilaku yang baik ini, tentunya keadaan, situasi yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Bumi Berazam ini akan segera terlaksana. Dan sekaligus dengan dilaksanakannya Musda, juga disinilah yang akan kita tuangkan pemikiran-pemikiran bagaimana menciptakan program dan inovasi kedepannya, serta pada Musda ini akan menentukan Kecamatan mana yang nantinya akan mendapat giliran untuk melaksanakan pelaksanaan MTQ ke – XIII tahun 2021 mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten karimun, Drs. H. Jamzuri menuturkan bahwa, kantor Kementerian Agama selalu berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan pengembangan MTQ melalui peningkatan mutu dan kualitas MTQ itu sendiri, sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi amsyarakat secara regulasi.

“Aturan-aturan MTQ akan terus berkembang, sehingga banyak perubahan-perubahan yang kita alami, yang terasa sekali dampaknya di Kabupaten Karimun sendiri adalah menyangkut regulasi tentang penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kalau terdahulu kita dapat mengambil rekan-rekan kita dari pelbagai Provinsi yang ada di Indonesia, untuk bersama-sama berkompetisi di MTQ Kabupaten Karimun, namun untuk tahun ini kita tidak boleh lagi diperkenankan,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau ini.

Meskipun demikian, pria kelahiran Kota Kendal 2 Oktober 1966 ini mengatakan pendaftaran peserta untuk sekarang ini sudah menggunakan sistem elektronik. sehingga tidak adanya lagi para peserta, baik Qori dan Qoriah yang membawa berkas secara manual.

“Hal ini tentunya langsung pendaftaran melalui elektronik, secara otomatis sudah terdaftar, bahkan peralatan yang sudah digunakan mampu mendeteksi, apabila terdapat kesamaan nama peserta, kesamaan Kabupaten atau Kota serta provinsi secara otomatis akan segera hilang dan tidak akan bisa masuk,” imbuh Kemenag yang pernah meraih penghargaan Satyalancana Karya Satya 10, Tahun 2009 dan Satyalancana Karya Satya 20, Tahun 2018 tersebut.

Pada program dan rekomendasi dari Rakerda LPTQ VI Kabupaten Karimun tahun 2020 tersebut, terdapat beberapa poin krusial (penting), diantaranya Bidang Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan yang mencangkup penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi pelatih (TOT) pada seluruh cabang yang di Musabaqahkan, Menyelenggarakan pemusatan pendidikan dan pelatihan khusus (training center), bagi para peserta yang akan dikirim ke musabaqah Al-Qur’an tingkat Provinsi, selain itu juga pendidikan dan pelatihan kepada guru pelatih dan dewan hakim, menyelenggarakan orientasi dan penyamaan persepsi terhadap cara dan standar perhakiman bagi para dewan hakim, termasuk penggunaan instrumen ICT (Information & Communication Technology) yang memungkinkan.

Menyelenggarakan pembinaan bagi Qori dan Qoriah potensial yang ada di daerah se-Kabupaten Karimun (dilaksanakan oleh LPTQ Kecamatan dengan pendanaan dari LPTQ Kabupaten Karimun). Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan manajemen bidang MTQ se-Kabupaten Karimun. Mengirimkan pelatih-pelatih pada semua cabang musabaqah ke Kecamatan, terutama kecamatan yang masih sangat membutuhkan.

Mengupayakan tersedianya beasiswa bagi para Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah serta Mufassir dan Mufassirah yang potensial dari Kecamatan secara proporsional untuk belajar ke berbagai lembaga pendidikan di Provinsi dan Nasional. Menggalakkan pelaksanaan Program Magrib Mengaji dan One Day One Ayat yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah. Melaksanakan kegiatan membaca AL”Quran setiap hari sebelum belajar di sekolah-sekolah dan madrasah dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan serta Kementerian Agama serta pembinaan bagi Peserta KTIQ (karya tulis ilmiah AL’Quran)

Untuk bidang Publikasi dan Dokumentasi sendiri terdapat beberapa poin, yaitu diantaranya melaksanakan dokumentasi dan publikasi secara rutin untuk setiap kegiatan LPTQ, menyusun program kegiatan bidang publikasi dan dokumentasi dan mengusulkan pendidikan dan pelatihan di bidang publikasi dan dokumentasi kegiatan-kegiatan LPTQ, bekerjasama dengan pelbagai lembaga terutama dengan pihak media untuk sosialisasi dan publikasi program dokumentasi dan publikasi kegiatan LPTQ, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat atau berbagai pihak lainnya untuk lebih mengetahui dan memahami kegiatan-kegiatan LPTQ.

Mempublikasikan pelbagai kegiatan LPTQ di berbagai media seperti radio, koran atau media online dan lainnya. Membuat media online seperti website atau blog LPTQ sebagai sarana publikasi dan dokumentasi kegiatan-kegiatan LPTQ. Menyusun Buku Profil LPTQ yang berisi data kegiatan dan para kafilah yang telah menjadi perwakilan kabupaten di MTQ Provinsi dan atau MTQ Nasional, sekaligus membuat spanduk, baliho atau banner tentang keberadaan dan kegiatan LPTQ.

Rekomendasi sendiri agar dapat mengimbau pihak Pemerintah Daerah untuk mendirikan Institusi Pendidikan Al-QuranMengusulkan kepada Pemerintah Daerah agar memberikan penghargaan yang memadai kepada peserta MTQ yang berprestasi. Mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun kiranya dapat menetapkan Kecamatan Kundur, sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dan LPTQ Kabupaten supaya segera melaksanakan peninjauan ke Kecamatan yang dimaksud.

Kecamatan Kundur yang ditetapkan sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Kabupaten tahun 2020 untuk mengkaji kelayakannya guna diusulkan kepada Bupati Karimun.

LPTQ supaya mempertimbangkan waktu penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten dengan memperhatikan penggunaan realisasi anggaran, MTQ Tingkat Kabupaten dan pelaksanaan Ujian Nasional di sekolah, sekaligus untuk kemudahan pembinaan pasca MTQ. LPTQ Kabupaten sebaiknya membangun jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga untuk memberdayakan para peserta Musabaqoh.

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

66 views