Nikah Siri Anak 7 Tahun, Syekh Puji Dilaporkan ke Polisi dan KPA Tegaskan Tentang Hukuman Kebiri – WartaKepri
428 views

Nikah Siri Anak 7 Tahun, Syekh Puji Dilaporkan ke Polisi dan KPA Tegaskan Tentang Hukuman Kebiri

Foto Istimewa/mudanews.com

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, SEMARANG – Proses penikahan siri yang telah digelar oleh Pudjiono Cahyo Widiyanto atau dikenal dengan Syekh Puji dengan mempelai seorang anak usia 7 Tahun, berujung dengan laporan oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak. Syekh Puji diadukan ke polisi atas dugaan pencabulan karena menikahi siri seorang anak.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan, aduan itu diterima pada Desember 2019. Saat ini laporan itu sudah masuk proses penyelidikan.

“Poses penyelidikan dilakukan dengan memeriksa kepada enam saksi untuk memberikan keterangan dan bukti terkait kasus tersebut,” kata Iskandar saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).
Berdasarkan bukti visum dokter, tidak ada tanda kekerasan seksual yang dialami anak yang dinikahi Syekh Puji.

“Namun, tim penyidik masih melakukan proses penyelidikan untuk mendalami unsur-unsur pidana dari yang dilaporkan,” jelas Iskandar.

Hingga kini, Polda Jawa Tengah sudah memeriksa enam saksi terkait kasus ini, termasuk anak yang dinikahi. Adapun Ketua Komnas Perlindungan Anak (KPA) Jawa Tengah Endar Susilo mengatakan, pernikahan tersebut terjadi pada 2017 saat sang anak berusia 7 tahun.

“Meski pernikahan siri, akan menghancurkan masa depan anak yang berpotensi menjadi calon pemimpin bangsa ini,” jelas Endar, saat dihubungi kompas.com

Dia berharap agar kepolisian bisa bekerja maksimal untuk mengungkap kasus ini. Komnas Perlindungan Anak (KPA) Jawa Tengah, lanjutnya, siap memberikan data dan dukungan agar pelaku pernikahan anak di bawah umur mendapat hukuman yang setimpal.

Ditegaskan, pelaku kejahatan terhadap anak dijerat dengan UU No 23 Tahun 2002 yang diperbarui dengan UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Para pelaku kejahatan anak mendapat ancaman hukuman hingga 15 tahun dan hukuman kebiri.(*)

Sumber : Kompas.com

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA