Mahasiswa Universitas Riau asal Karimun Terjun ke Masyarakat Berikan Edukasi Pencegahan Covid-19

128
WartaKepri - Mahasiswa Karimun Turun Langsung Memberikan Edukasi Terkait Corona

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Mahasiswa Universitas Riau asal Karimun, turut serta berkontribusi dalam membantu memutus penyebaran rantai pandemi Covid-19, yang dimulai sejak Rabu (20/5/2020) hingga kini masih berlangsung.

Hal ini tentunya menjadi atensi dan perhatian khusus yang ditunjukkan dengan pelbagai macam bentuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh sejumlah Mahasiswa asal Bumi Berazam tersebut.

Mahasiswa Universitas Riau asal Karimun Terjun ke Masyarakat Berikan Edukasi Pencegahan Covid-19

Ketua tim relawan Universitas Riau (UNRI) Kecamatan Tebing, Aflah kepada WARTAKEPRI.co.id menjelaskan bahwa, para Mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan kegiatan ini merupakan Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan atau menimba ilmu di Univeristas Riau.

“Para Mahasiswa ini tergabung dalam tim relawan Desa dalam melawan Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Tebing, Kabupaten Karinun, Provinsi Kepulauan Riau,” terangnya, Rabu (3/6/2020).

Sehingga, Kata Aflah dengan adanya pandemi Covid-19 ini, kegiatan perkuliahan secara tatap muka dihentikan sementara, hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Tentunya hal ini yang menyebabkan para Mahasiswa harus kembali ke Kabupaten Karimun untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19,” paparnya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Dirinya menyebut, para Mahasiswa selama berada di Karimun ini akan mengikut sekaligus berpartisipasi dalam melaksanakan tugas pengabdian dan kerelawanan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Pelbagai kegiatan sosial diantaranya bekerjasama dengan Puskesmas Tebing dalam menjalankan tugas di Posko kesiapsiagaan Covid-19,” imbuhnya.

Aflah juga merinci, pelaksanaan kegiatan diselenggarakan di beberapa lokasi, diantarnya meliputi pelabuhan Sri Tanjung Gelam (KPK), dengan penyediaan alat deteksi dini untuk melakukan pengukuran suhu tubuh kepada para penumpang, berkontribusi dalam penyaluran sembako yang berasal dari Provinsi Kepri, yang disalurkan kepada masyarakat Kecamatan Tebing, dan penyediaan sabun untuk cuci tangan disekitar Kecamatan Tebing.

“Selain itu untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19, dimana para Mahasiswa membagikan sejumlah brosur yang berisikan gejala Covid-19, cara mencegah, etika batuk dan cara memakai masker yang benar, serta melakukan penempelan berupa pamflet cara mencuci tangan yang baik dan benar disejumlah tempat cuci tangan,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa, tentunya hal ini bersinergis dan bekerjasama dengan Puskesmas Tebing guna melakukan pengawasan dipelabuhan, karena setiap harinya banyak sekali calon penumpang yang datang ke wilayah Karimun. Sehingga Mahasiswa juga sudah mendapat izin dari Camat Tebing dan Kepala Puskesmas dalam tugas kerelawanan Covid-19 ini.

“Besar berharap pada pelaksanaan kegiatan kemanusian yang dilakukan ini, dapat membantu pencegahan Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Tebing.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda dan masyarakat, Ruzaimi (35), warga RT 01, RW 02 Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimaksih kepada para Mahasiswa Universitas Riau, yang sudah banyak membantu warga, khususnya di wilayah Kecamatan Tebing.

“Mampu mengedukasi sekaligus memberikan sosialisisasi dan imbauan terkait mewabahnya Covid-19 ini, yang dilakukan secara door to door atau dari rumah kerumah, dengan sasarannya yaitu warga masyarakat,” ungkapnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH