Untuk Raih Penghargaan Swastisaba Wiwerda, 10 Kecamatan Sosialisasi Kabupaten Sehat

WartaKepri.co.id, Anambas – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas laksanakan Sosialisasi Kabupaten Sehat di tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas, kegiatan tersebut berlangsung sukses, kegiatan ini merupakan agenda kerja dari Tim Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kepulauan Anambas, Sosialisasi ini dilaksanakan di 10 Kecamatan.Sabtu, 29/8/2020.

Kali ini kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Kute Siantan, pelaksanaan sosialiasi KKS di Kecamatan Kute Siantan di ikuti oleh kepala Desa, BPD, PKK, Kader Desa Siaga, Kader Posyandu, Kepala Puskesmas, Petugas Pustu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Forum Anak.

Sementara dari Tim Pembina Kabupaten sehat antaranya adalah Bappeda, Dinkes, dan DishubLH serta dari tim forum ada 2 orang tim yang hadir. Acara di buka langsung oleh Camat Kute Siantan ( Bpk Raja Almizan), kata sambutan oleh forum kabupaten sehat Isnaniar, dan penyampaian materi oleh tim pembina Kabupaten Sehat Mukhtar Hakim dari Bappeda dan Sofi dari Dinkes PPKB. Kabupaten Kepulauan Anambas pada Tahun 2019 berhasil meraih penghargaan Swastisaba Padapa dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenkes dan Kemendagri karena telah melaksanakan 2 tatanan penilaian yaitu tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum sehat dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

PKP EXPO

Tahun 2019 kita hanya melibatkan 4 Kecamatan, 19 Desa dan 1 Kelurahan dalam penilaian karena untuk ikut dalam penilaian minimal 60% Kecamatan dan Desa terlibat didalamnya Hakim, tim pembina KKS, Pelaksanaan penilaian KKS ini dilaksanakan 2 tahun sekali. Untuk penilaian 2021, Tim Pembina dan Tim Forum akan melibatkan 10 Kecamatan, 40 Desa dan 2 Kelurahan dan ditambah 2 lagi tatanan penilaian yaitu tatanan pariwisata sehat dan tatanan ketahanan pangan dan gizi.

Untuk mewujudkan Kabupaten Sehat, tentunya perlu didukung semua stakeholders, baik itu masyarakat, OPD, instansi vertikal, swasta, perguruan tinggi dan LSM. Kabupaten sehat terlaksana jika masyarakatnya sehat, desa nya sehat, kecamatannya sehat dan akhirnya berimbas kepada kabupaten anambas yang sehat. Kami dari tim pembina dan tim forum berharap agar Anambas bisa mempertahankan raihan penghargaan yang diperoleh dan lebih baik lagi jika kita bisa menaikkan penghargaan menjadi Swastisaba Wiwerda.

“Perolehan penghargaan ini bukanlah tujuan utama, tujuan utamanya adalah agar masyarakat anambas bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dimana saja berada,” tutur Muhktar Hakim.(Rama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG