TNI-Polri Gandeng Mapala Universitas Karimun Bersihkan Lingkungan Gunung Jantan

WARTAKEPRI.CO.ID, KARIMUN- Sebanyak 11 orang Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Karimun, bersama dengan TNI-Polri serta masyarakat sekitar objek wisata air terjun gunung Jantan yang terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, bahu membahu melaksanakan gotong royong, pada Minggu (30/8/2020).

Pada pelaksanaan kegiatan sebagai wujud kepedulian kebersihan dan kesehatan terhadap lingkungan alam sekitar.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kesadaran dan kepedulian bersama terhadap lingkungan antara TNI-Polri bersama dengan unsur lapisan masyarakat,” terang Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan.

PKP EXPO

Dimana, menurutnya obyek wisata air terjun di Karimun merupakan salah satu destinasi obyek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar negeri.

“Gotong royong dengan membersihkan sampah yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Polres Karimun, beserta Babinsa dan Mapala Univeristas Karimun serta warga sekitar tersebut, masih saja ditemukan sampah yang berasal dari sisa makanan wisatawan yang kurang menjaga kebersihan dengan membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Sehingga kata Adenan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang lain, karena dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, sebab sampah-sampah yang berserakan merupakan salah satu sumber penyakit.

“Dengan kebersamaan gotong royong membersihkan sampah merupakan bagian dari upaya menciptakan wisata tangguh, terutama dalam aspek lingkungan yang bersih dan sehat, selain itu juga memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19 dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ungkap Adenan.

Sementara itu, Ketua Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Karimun, Resa menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus mengapresiasi kepada Polres Karimun, yang sudah mengundang untuk melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan alam.

“Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan tujuan yang di inginkan,” kata Resa.

Resa menbahkan, kegiatan yang sederhana namun bermanfaat bagi banyak pihak ini, sehingga dirinya memberikan saran dan masukan, jika alangkah baiknya acara tersebut dilakukan secara rutin.

“Kami dari Mapala gunung Jantan juga sangat menginginkan setiap instansi dan juga Stakeholder terkait lainnya, ikut andil dalam menjaga lingkungan, yaitu dengan cara turun langsung kelapangan untuk bersama-sama mencari solusi yang harus dilakukan, guna melestarikan alam gunung Jantan, agar tetap bersih, sehingga akan dapat mendatangkan para wisatawan,” harapannya.

Selain itu juga, menurutnya bagi instansi terkait, baik itu dari lingkungan hidup maupun dari Dinas Pariwisata, turut serta andil dalam melakukan kegiatan tersebut.

“Dan besar harapan kami sebagai mahasiswa adanya pihak-pihak seperti dari Polres Karimun, sebagai panutan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya diwilayah Bumi Berazam dengan terjun langsung kelapangan,” paparnya.

Reporter : Aziz Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24