Kodim dan Pemkab Karimun Gelar TNI Manunggal KB Kesehatan, Ada Sunatan dan Pasang KB Gratis

819
Kodim dan Pemkab Karimun Gelar TNI Manunggal KB Kesehatan

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Makodim 0317/Tanjungbalai Karimun beserta Dinas Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kabupaten Karimun gelar TNI Manunggal KB Kesehatan, yang disejalankan dengan Hari Kontrasepsi sedunia.

Kegiatan berupa pelayana KB dan khitanan massal 30 anak tersebut dilaksanakan di puskesmas Tanjungbalai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, pada Kamis (17/9/2020).

Pada kegiatan kemanusian tersebut, turut serta dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kadinkes Kabupaten Karimun Rachmadi, Kepala Dinas Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Rosmawati, Kepala Puskesmas Tanjungbalai Karimun Surawan, PJS Palaksa Lanal TBK Kapten Laut (P) Bagus Setiawan, Pasiter Kodim 0317/TBK Lettu Kav Tatang Rohimat, Ketua Persit KCK LXXI Kodim 0317/TBK Ny. Ita Denny, Ibu-Ibu Jalasenastri Lanal TBK, Bhayangkari Karimun serta para tamu undangan lainnya.

“Berharap melalui program kerja sama seperti ini akan menghasilkan apa yang akan dicapai, sekaligus dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional,” terang Dandim 0317/TBK Letkol Inf Denny melalui Pasiter Kodim 0317/TBK Lettu Kav Tatang Rohimat.

Sehingga, kata Tatang mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, sekaligus mampu meningkatkan derajat ketahanan nasional.

“Diharapkan mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional, yang pada akhirnya akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyatakan, selama enam bulan sudah, khususnya warta Karimun menghadapi pandemi Covid-19 ini, dan baru kemarin ada terdapat satu pasien yang meninggal dunia.

“Tidak ada henti-hentinya dilakukan protokol kesehatan Covid-19, namun harus disadari oleh diri sendiri tidak cukup dari himbauan pemerintah saja, oleh karena itu kesadaran masyarakat sangat di perlukan,” kata Rafiq.

Selanjutnya, Rafiq juga mengungkapkan, untuk cluster yang dari Kundur sudah tidak ada lagi, namun sekarang cluster baru yaitu terdapat diwilayah Karimun sendiri.

“Yaitu meliputi tiga Kecamatan, antara lain Kecamatan Meral, Kecamatan Karimun, serta Kecamatan Tebing,” ungkap Rafiq.

Rafiq juga menambahkan, saat ini Kabupaten Karimun sendiri sudah berusia 22 tahun, seiringi dengan itu, maka terjadinya peningkatan jumlah penduduk di Karimun sangat drastis.

“Untuk itu, pentingnya kita melaksanakan program keluarga berencana yang pada hari ini kita peringati dan kita adakan setiap tahunnya,” kata Rafiq.

Rafiq juga menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada TNI-Polri, serta seluruh kompenen masyarakat yang sudah melaksanakan kegiatan ini

“Pada kegiatan hari ini juga dilaksanakan sunatan massal, donor darah serta pemasangan alat kontrasepsi,” tandasnya.

Kegiatan TNI Manunggal berupa donor darah yang diikuti oleh personil Kodim 0317/TBK, Anggota Lanal TBK, Ibu Persit Kodim 0317/TBK dan Jalasenastri. Selain itu juga pembagian alat kontrasepsi gratis, sunatan massal serat KB gratis dan juga IVA.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Honda Capella

FANINDO