Marlin Gelorakan Seni Qasidah pada Anak Muda, Sarana Dakwah dan Bina Akhlak Mulia

234
Marlin Gelorakan Seni Qasidah pada Anak Muda

Marilah mari hai Kawan
Nikmati Indahnya Bulan
Bersuka Ria Berdendang
Asik Santai Qasidahan

Demikian petikan lirik lagu qasidah berjudul “Asik Santai” milik Nasida Ria yang populer tahun 1982 silam.

Lagu ini mengajak kaum remaja bersuka ria sambil bermain qasidah, sebuah genre musik dengan lagu-lagu bernapaskan Islami dengan pesan kebaikan dalam liriknya.

Dulu qasidah memang sangat populer di kalangan anak muda. Namun seiring perkembangan zaman, tren ini kian redup.

Padahal, selain bicara soal keagamaan, lirik-lirik lagu Qasidah seperti yang dibawakan Nasida Ria, juga banyak yang berbicara tentang lingkungan dan kondisi sosial.

Seni qasidah juga cukup ampuh menjadi sarana “berdakwah” secara santai lewat lagu. tanpa kesan menggurui.

Harris Day Batam

Kian berkurangnya minat remaja belajar qasidah, memantik keprihatinan Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Batam Hj Marlin Agustina.

“Ayo kita ajak anak muda belajar qasidah, sehingga kaderisasi ke depan tak mandeg,” ujar Marlin saat memberi sambutan di acara Silaturahmi dan Temu Kangen Ketua Umum dan Pengurus LASQI se-Kota Batam, di Golden Prawn, Kamis (17/9/2020) pukul 09.00 WIB.

Menurut Marlin, belajar qasidah harus terus dilaksanakan agar para remaja bisa mengisi waktu dengan hal-hal yang positif.

Apalagi menurutnya, fungsi qasidah selain untuk hiburan juga ada banyak makna yang bisa di ambil di dalamnya seperti pesan yang tersirat di setiap syair lagu yang dilantunkan.

Selain itu bisa belajar sejarah Islam, serta menanamkan akhlak mulia. Karena dalam bait syairnya mengandung dakwah Islam dan sejarahnya.

“Daripada habiskan waktu main handphone nonton YouTube, kan lebih baik bila ada waktu senggang ikut latihan qasidah,” ajaknya. (*/r)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN