Alat PCR Segera Tiba di RS Ahmad Tabib, Tinjau KRI Semarang Pjs Gubernur Bahtiar Ucap Kasih ke TNI AL

158
Alat PCR Segera Tiba di RS Ahmad Tabib, Tinjau KRI Semarang Pjs Gubernur Bahtiar Ucap Kasih ke TNI AL

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin dan Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yaya Sofian, melakukan pertemuan, untuk menyikapi Covid-19 dan Pilkada Kepri. Pada kesempatan itu ditegaskan kesiapan Guskamla untuk membantu, mulai memberikan perawatan untuk Covid-19, jika dibutuhkan.

Peninjauan dilakukan Bahtiar, Kamis (8/10/2020) di Batam, diatas KRI Semarang, yang beroperasi perairan Kepri dan parkir di Pelabuhan Batuampar. Pada kesempatan itu, dia menyempatkan diri meninjau fasilitas isolasi di KRI Semarang.

“Tadi pertemuan singkat untuk bicara kesiapan Guskamla dalam membantu agenda penting kita. Penanganan Covid-19 dan juga membantu keamanan laut jelang Pilkada di Kepri,” kata Bahtiar.

Dijelaskan, KRI Semarang sendiri sudah terlibat dalam penanganan Covid-19. KRI itu bisa berfungsi sebagai rumah sakit di atas laut. Kemudian membantu kepulangan TKI saat Covid-19 sebelumnya.

“Ini juga berfungsi juga menjadi rumah sakit dilaut. Satu-satunya milik TNI AL. Kami yakin dengan kesiapan Guskamla, karena memiliki loyalitas kuat kepada negara. Termasuk saat dibutuhkan untuk penanganan Covid,” Bahtiar optimis.

Kesiapan itu diakui menjadi penting untuk meyakinkan masyarakat Kepri, soal kesiapan pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Kita memberikan keyakinan kepada masyarakat Kepri,” imbuhnya.

Disisi lain, disebut Bahtiar jika aspek keamanan sangat penting, menjelang Pilkada. Nantinya, setiap perkembangan keamanan di laut akan dilaporkan kepada dia.

“Sebagai langkah antisipasi awal atas pergerakan-pergerakan sebagai deteksi awal, yang berpotensi mengganggu keamanan laut,” kata Bahtiar.

Sementara itu Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yaya Sofian mengatakan, menyambut harapan Bahtiar itu. Pihaknya siap mengamankan perairan Kepri jelang Pilkada.

“Kami siap mengamankan perairan Kepri,” tegasnya.

Disisi lain diakui, kapal yang mereka operasikan, memiliki kemampuan sebagai rumah sakit. Sehingga, pihaknya siap mendukung program pemerintah, dalam penanggulangan Covid-19 .

“Kami akan berperan serta untuk kegiatan sosial dalam mendukung program pemerintah pusat,” imbuh Yayan.

Siapkan PCR Untuk RS Ahmad Tabib

Pks Gubernur Kepri Bahtiar juga mengungkapkan jika mereka menyiapkan laboratorium PCR di RS Ahmad Tabib, Tanjungpinang. Diharapkan, satu minggu kedepan dua peralatan untuk laboratorium ini akan datang. Laboratorium itu bisa memeriksa 400 sample di dua PCR.

“Kami di Pemprov sudah menyiapkan laboratorium baru di rumah sakit di Tanjungpinang. Mudah-mudahan satu minggu kedepan, masuk fasilitas baru untuk RS Ahmad Tabib. Rencananya, akan diresmikan Mendagri 10 Oktober nanti,” kata Bahtiar di KRI Semarang, yang sedang bersamdar di Batuamlar, Batam, Kamis (8/10).

Langkah untuk menyiapkan laboratorium di RS Tanjungpinang, diakui dia penting untuk dilakukan. Alasannya, sebagai Pjs Gubernur, dia memiliki dua tugas utama, untuk menangani Covid-19 dan Pilkada.

“Makanya kami lakukan langkah cepat. Jadi dalam 4-5 jam, keluar hasilnya. Kalau selama ini 4-5 hari baru keluar hasilnya,” imbuh dia.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN