BPN Karimun Serahkan 2.350 Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – BPN Karimun bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat yang dilaksanakan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/12/2020).

Turut serta hadir pembagian sertifikat yang dilaksanakan secara serentak pada tahun 2021 ini, Kepala BPN Karimun beserta perwakilan jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan target yang telah digelontorkan pemerintah pusat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang di peruntukan bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun.

“Jajaran pemerintah Kabupaten Karimun menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun,” kata Rafiq.

Menurutnya apa yang di intruksikan oleh Presiden Republik Indonesia, untuk pelaksanaan sertifikasi tanah untuk tahun 2020 telah selesai dilaksanakan.

“Secara nasional terdapat 11 juta sertifikat, karena adanya pandemi COVID-19, jadi hanya 6 juta sertifikat,” paparnya.

Rafiq menambahkan, untuk di wilayah Kabupaten Karimun sendiri, dari 15 ribu sertifikat, menjadi 4 ribu 5 ratus sertifikat, yang sudah selesai seluruhnya.

“Dan pada hari ini terdapat 2.350 sertifikat, yang akan diserahkan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Melalui Program Pendaftaran Tanah, BPN Karimun akan Terbitkan 18.000 Sertifikat lahan

Bupati berharap hingga batas waktu yang telah ditentukan, dapat diselenggarakan dengan baik, sebagai mana intruksi dari Presiden bahwa pada tahun 2025 yang akan datang.

“120 juta sertifikat tanah ini seluruh Indonesia dapat segera terselesaikan, tidak terkecuali di Kabupaten Karimun,” pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun Jemmy mengungkapkan bahwa, penyerahan sertifikat sisa dari bulan November tahun 2020 lalu.

“BPN sendiri tidak mengumpulkan masyarakat dalam jumlah yang cukup banyak, akan tetapi perwakilan dan simbolis saja, karena masih dalam masa pandemi COVID-19, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ungkap Jemmy.

Dan untuk tahun 2021 ini, kata Jemmy BPN Karimun sudah menyiapkan target sebanyak 2000 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan pendistribusian luas lahan mencapai 3000 bidang.

“Jadi totalnya sebanyak 5000 bidang, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karimun, serta di pulau-pulau,” ujarnya.

Jemmy menambahkan, BPN sendiri sudah mengusulkan kepada Kementerian Kehutanan, untuk bidang-bidang tanah yang dimanfaatkan (diperuntukkan) bagi masyarakat.

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2017, tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan. Sehingga aturan ini diharapkan mampu menyelesaikan dan memberikan perlindungan hukum atas hak-hak masyarakat dalam kawasan hutan,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Jemmy pada tahun 2014, ada peraturan bersama antara Menteri Dalam Negeri, Menteri Kehutanan, Menteri Pekerjaan Umum dan Kepala Badan Pertanahan Nasional, terkait tata cara penyelesaian penguasaan tanah yang berada di kawasan hutan, tertuang dalam peraturan Nomor 79 Tahun 2014, PB.3/Menhut-11/2014, 17/PRT/M/2014 dan 8/SKB/X/2014.

“Kawasan hutan yang dimaksud, yakni hutan konservasi, hutan lindung dan hutan produksi, dengan pola penyelesaian untuk bidang tanah yang dikuasai dan dimanfaatkan atau telah diberikan hak sebelum bidang tanah ditunjuk sebagai kawasan hutan,” sebut Jemmy.

Salah satu warga penerima sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Candra (38) warga RT/RW 02/02, Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, sangat senang sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Karimun dan juga BPN Karimun.

“Terlebih pada masa pandemi COVID-19 saat ini semakin sulit, jadi sertifikat tanah dapat di gadaikan kepada bank, untuk menambah modal usaha lainnya, karena rumah sewa saja sepi, ada tiga rumah sewa saya yang kosong,” ungkap pria yang memiliki tiga bidang tanah ini.

Reporter Aziz Maulana

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel