Pengacara Asal Payakumbuh Sumbar Ini Punya Nama Paling Pendek, O Saja Sudah

186
Pengacara O asal Payakumbuh, Sumbar. (Photo: Detikcom)

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Di film James Bond, ada tokoh dengan nama sangat pendek, M, yang diceritakan sebagai Kepala MI6. Di dunia nyata, ada juga nama yang sangat pendek, O (bukan nol). Bedanya, O bukan agen intelijen, tapi sehari-hari adalah pengacara yang tinggal di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar).

“Saya sudah telusuri nama-nama pendek di dunia. Memang, nama saya termasuk yang paling pendek,” kata O saat berbincang dengan detikcom, Selasa (5/1/2020).

Meski namanya hanya satu huruf, O tidak ingin hal itu menurun ke anak-anaknya. Empat anaknya bernama Dhian Aprillia Andhini SHut, Ringga Ferdian, Shabilla Fildzania Adinda, dan Rahmi Jumatul Adzannie.

Inilah 58 Calon Pengacara Angkatan ke-IV Selesai Pendidikan PKPA dari DPC Peradi Batam

“Tujuan ibu kasih nama panjang biar mereka menjadi diri sendiri, tidak harus identik dengan orang tuanya,” ujar istri Nasrijal itu.

Lalu bagaimana O mendapat nama sangat pendek? Nama itu diberikan ayahnya, Djainun, saat membaca majalah pada 1963. Djainun tercengang melihat berita warga India dan Prancis punya nama terpanjang dan terpendek sedunia. Bahkan, nama mereka tercatat dalam The Guinness Book of World Records.

Ditulis dalam majalah itu, pemegang nama terpanjang di dunia dari Indonesia dengan 180 huruf dan terpendek di dunia dari Prancis dengan dua huruf: Mo.

Akhirnya ketika istrinya, Dasima Malik, melahirkan anak perempuan pada 22 November 1964, Djainun memberi nama O.

“Kata papa, orang tak akan bisa membuat nama yang lebih pendek dari itu. Ternyata, papa memang benar,” kata O.

Menyandang nama dengan satu huruf, banyak cerita yang dialaminya. Salah satunya saat sekolah di SMP Bunga Setangkai (kini SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh). Guru Awiskarni sempat menyarankan O mengganti nama.

“Tapi, papa saya tidak mau. Papa bilang kepada saya, ‘Tenang sajalah.’ Masa SMP kan tidak lama. Enam tahun lagi, kamu sudah kuliah. Tetap pakai nama O,” tutur O. (detikcom)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel