Pasar TPID 2 Dreamland Diresmikan 23 Januari 2021, Harga Terjangkau dan Ada Hadiah

369
PKP Pasar Dreamland Sekupang
PKP Pasar Dreamland Sekupang

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pasar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2 di Dreamland kemarin sabtu (23/1) kemarin telah resmi dibuka. Pasar tersebut merupakah bentuk pasar sebagai upaya mengendalikan Inflasi di Kota Batam.

“ Peresmian pasar TPID 2 Dreamland dilaksanakan pada kemarin Sabtu tanggal 23 Januari 2021 oleh Bapak Wali Kota Batam,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Peindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Zulkarnain, pada hari minggu (24/1/2021).

Ditambahkannya lagi berbelanja di pasar ini, konsumen akan berkesempatan ikut undian. Adapun hadiahnya total Rp. 300 juta. Pembelian barang sebesar 50 rb akan dapat 1 kupon, berlaku kelipatan. Mulai dari mesin cuci, kulkas, TV, sepeda lipat, voucher undian sampai sepeda motor. Hadiah diundi setiap bulannya.

Dijelaskannya, Pasar TPID 2 ini memiliki luas 3.316 M2 dapat menampung 205 pedagang terdiri dari 109 kios dengan ukuran 3×6 meter dan 3×4 meter.

“Tersedia juga meja atas los pedagang basah dan kering yang berjumlah 96 lapak dengan ukuran 1,5 x 2,25 meter. Jadi cukup luas sekali. Menariknya lagi untuk ukuran meja atau los sudah dilengkapi listrik dan air sehingga memberikan kenyamanan bagi pedagang,” paparnya.

Zulkarnain menyebutkan Pasar TPID 2 ini juga memiliki konsep standar nasional Nomor 8152 tahun 2015 tentang Pasar Rakyat. Baik dari segi letak, pencahayaan, sirkulasi udara, lahan parker yang luas, menjadikan pasar yang aman, bersih, sehat dan nyaman bagi para pedagang atau pembeli.

Sementara itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pasar, pihaknya sudah menyediakan alat cek ukur suhu badan, tanki cuci tangan, setiap meja dibuatkan dinding pembatas dari akrilik sehingga tidak terjadi kontak langsung antara pedagang dan pembeli.

Tak hanya itu, lanjutnya, jarak pembeli dengan penjual harus satu meter, setiap pedagang juga diwajibkan pakai masker, sarung tangan, faceshield. Bahkan ada juga Satgas Covid-19 di Pasar yang akan mengingatkan pentingnya melaksanakan protocol kesehatan di pasar.

Pasar TPID 2 Dreamland ini akan menyediakan bahan pokok. Seperti, beras, minyak goreng, gula, telur dan lainnya sebagai kebutuhan sehari-hari masyarakat Kota Batam. Disertai dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA Konsumen Atasnama Agustini Dapat Uang Rp200 Juta di Pengundian PKP Tahap 4 Tahun 2020

“Keberadaan Pasar TPID 2 Dreamland terletak di Kelurahan Tanjung Riau ini sangat strategis. Lantaran diapit oleh tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sekupang, Batuaji dan Sagulung yang memang daerah yang sangat padat serta pangsa pasar sesuai bagi perumahan yang ada,” katanya.

Ia melanjutkan setelah diadakan sosialisasi kepada para pedagang, ternyata banyak yang berminat. Hal ini dikarenakan adanya dispensasi atau keringanan para pedagang tidak dibebani biaya sewa selama dua tahun.

“Para pedagang hanya membayar biaya maintenance, biaya pemakaian air dan listrik saja setiap bulannya yang sudah disepakati pengelola pasar dan calon pedagang,” tuturnya.

Lantaran banyaknya pedagang yang ingin berjualan di Pasar TPID 2, Disperindag membuat pendaftaran dan seleksi pedagang yang serius. Bagi pedagang yang serius, mereka mengisi daftar calon pedagang serta membayar biaya pemeliharaan.

“Sampai saat ini keterisian kios dan meja sudah hamper 100 persen. Hanya tinggal beberapa meja yang tersedia. Dan mulai Senin 18 Januari 2021 yang lalau, semua kios dan meja sudah bisa dibuka sambil mengisi kios untuk ditata rapi. Seperti menyusun rak-rak meja, hiasan dinding, mengecat ruangan atau adanya penambahan daya listrik sesuai kebutuhan,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kota Batam untuk berbelanja di Pasar TPID 2 Dreamland. Lantaran pasarnya lengkap, murah dan berstandar nasional Indonesia.

“Berbelanjalah dengan bijak sesuai kebutuhan,” ujarnya.(*)

Sumber : Rilis PKP

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel