Pemprov Kepri Izinkan Masjid Gelar Tarawih Ramadhan, 30 Maret 2021 Vaksinasi Imam se Batam dan Karimun

Vaksinasi Imam
Pemprov Kepri Izinkan Masjid Gelar Tarawih Ramadhan, 30 Maret 2021 Vaksinasi Imam se Batam dan Karimun
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Perkembangan membaik penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri berdampak positif dengan diperbolehkannya masjid-masjid di Kepri melaksanakan shalat tarawih pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Pemprov Kepri mengeluarkan syarat dimana para jamaah harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sekretaris Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, Ahad menyebutkan Pemprov segera membuat surat edaran tentang pelaksanaan shalat tarawih di masjid kepada seluruh bupati/wali kota. Dalam surat edaran itu, pihaknya meminta pengelola masjid memperketat protokol kesehatan bagi jamaah shalat tarawih.

“Jamaah harus pakai masker, mengatur jarak shaf, dan menyiapkan sarana cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” kata Arif Fadillah di Tanjungpinang, Ahad (28/3/2021) seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Sekdaprov Arif Fadillah akan memberikan vaksinasi untuk Ulama, Imam dan Mubaligh Kota Batam dan Kabupaten Karimun dilaksanakan mulai pelan depan. Sebelumnya sudah dilaksanakan vaksinasi ini untuk Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sempena menyambut Ramadhan.

“Vaksinasi di Batam kita rencanakan dimulai hari Senin, 30 Maret. Lokasinya kemungkinan di Asrama Haji. Untuk di Kabupaten Karimun akan kita jadwalkan kemudian. Kemungkinan besar hari Kamis di pekan yang sama,” kata Arif Fadilah saat memimpin rapat Pembahasan Vaksinasi Ulama, Imam, dan Mubaligh Kota Batam dan Kabupaten Karimun di Ruang Rapat Aula Masjid Raya Nur Ilahi, Sabtu (27/3/2021).

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan Wagub Hj. Marlin Agustina serta atau Sekda Arif direncanakan menghadirinya. Kehadiran ini salah satunya bertujuan menyampaikan ke publik bahwa Pemprov Kepri benar-benar mendorong dan menggesa proses vaksinasi sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA Hasil Evaluasi Laporan Kinerja OPD Kabupaten Karimun, Firmansyah : Akuntabilitas Kinerja Lebih Baik dan Terpercaya

“Proses vaksinasi kita di Kepri ini sudah baik, hanya tinggal dipolakan agar peserta vaksin tidak membludak. Salah satu upayanya adalah dengan calon penerima vaksin didata di sistem, dijadwalkan, dan dicetak untuk di tempel pada papan informasi. Jadi calon penerima vaksin datangnya sesuai jadwal dan tidak berbondong-bondong,” kata Sekda Arif.

Kepala Dinas Kesehatan M. Bisri dalam laporannya menyampaikan calon penerima vaksin untuk Ulama, Imam dan Mubaligh di Batam ada sebanyak lebih kurang 6000 orang termasuk Guru-Guru TPQ. Sedangkan di Karimun kebih kurang 2200 orang.

“Untuk waktu pelaksanannya, setelah koordinasi dengan Dinkes Batam, sejatinya mereka siap kapan saja dan untuk tempat kita akan mengikuti permintaan Pemko Batam, dan kita usulkan di Asrama Haji” ungkapnya.

Rapat ini juga membahas rencana vaksinasi petugas-petugas lapangan di Bandara dan pelabuhan untuk menyambut peak season. Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin menjelaskan vaksinasi direncanakan akan dilaksanakan tanggal 30 Maret sampai 7 April.

“Pelaksanannya di Bandara Raja Haji Fisabilillah, Gedung Pelindo Kijang, Pelabuhan Sri Bintan Pura, dan Pertamina Tanjunguban” ungkap Agus

Turut menghadiri rapat ini Karo Kesra Aiyub, Wakil Ketua Harian Satgas Covid19 Tjetjep Yudiana, Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 Muhammad Darwin, dan Hasim As’ari.(*)

Editor : Dedy Suwadha

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel