Hasil Evaluasi Laporan Kinerja OPD Kabupaten Karimun, Firmansyah : Akuntabilitas Kinerja Lebih Baik dan Terpercaya

Pelaksana harian (Plh) Bupati Karimun HM. Firmansyah, memimpin langsung acara penyampaian hasil evaluasi laporan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tahun 2020 di Ballroom Harmony Hotel Batam, Jumat (26/03/2021). (Foto : Humas Pemkab Karimun).

WARTAKEPRI.co.id, Batam – Pelaksana harian (Plh) Bupati Karimun HM. Firmansyah, menghadiri acara penyampaian hasil evaluasi laporan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tahun 2020 di Ballroom Harmony Hotel Batam, Jumat (26/03/2021).

Dalam sambutannya, Plh Bupati Karimun HM. Firmansyah mengatakan bahwa, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ini merupakan sistem yang terdiri dari perencanaan, sistem penganggaran serta sistem pengukuran dan pelaporan.

Merupakan produk akhir dari cara mengetahui seberapa besar kinerja yang kita capai, yang kita hasilkan dari pelaksanaan program dan kegiatan, baik yang menggunakan dana APBD maupun APBN,” terang Firmansyah.

HARRIS DAY BATAM

Sehingga dirinya berharap agar kepala OPD untuk selalu aktif memberikan laporannya agar dapat bersama-sama mengetahui seberapa besar pencapaian yang telah dicapai.

“Tujuan Sistem AKIP, yaitu guna mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya,” paparnya.

Berikut Hasil Evaluasi Sistem AKIP Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karimun :

Untuk Kategori AA dengan predikat sangat baik di berikan kepada :

1. Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Karimun.
2. Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun.
3. Badan Kepegawaian dan Pengembangan sumber daya manusia Kabupaten Karimun.
4. Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadau Satu Pintu Kabupaten Karimun.
5. Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun.
6. Dinas Sosial Kabupaten Karimun.
7. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupatem Karimun.
8. Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun.
9. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Karimun.
10. Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.
11.Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun.
12. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun.
13. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun.
14. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karimun.
15. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Kebersihan Kabupaten Karimun.
16. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Karimun.
17. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun.

Selanjutnya, untuk kategori B dengan predikat baik diberikan kepada :

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karimun.
2. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karimun.
3. Rumah Sakit Umum Daerah H. Muhammad Sani Kabupaten Karimun.
4. Badan Kesatuan Bangsa politik Kabupaten Karimun.
5. Dinas Perikanan Kabupaten Karimun.
6. Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun.
7. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun.

Untuk kategori CC dengan predikat Cukup diberikan kepada :

1. Kecamatan Kundur Utara Kabupaten Karimun.
2. Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun.
3. Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.
4. Kecamatan Meral Kabupaten Karimun.
5. Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun.
6. Kecamatan Buru Kabupaten Karimun.
7. Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Karimun.

Kemudian untuk kategori C dengan predikat kurang diberikan kepada :

1. Kecamatan Moro Kabupaten Karimun.
2. Kecamatan Belat Kabupaten Karimun.
3. Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun.
5. Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun.

Kemudian untuk kategori D dengan predikat sangat kurang diberikan kepada Kecamatan Durai Kabupaten Karimun.

Tidak dilakukan evaluasi SAKIP karena tidak terdapat dokumen, yakni Dinas Perhubungan kabupaten Karimun. (Amn).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DPRD BATAM 2024 JADWAL KAMPANYE KPU KEPRI AMSAKAR LI CLAUDIA