Pesawat Tempur F-18 Hornet Melintas di Laut Natuna Tidak Menghambat Operasi Migas

639

Wartakepri.co.id, Anambas – Viralnya Pesawat tempur F-18 Hornet yang diduga melintas di atas Laut Natuna tidak menghambat operasi migas, hal tersebut di katakan secara langsung oleh pihak VP Relations dan Security Medco E&P beberapa waktu yang lalu.

Arif Rinaldi VP Relations & Security Medco E&P saat di konfirmasi melalui Mirsa Khairunisa staf SKK migas mengatakan, Medco E&P Natuna hingga saat ini masih beroperasi secara normal, tidak ada gangguan maupun dampak dengan pesawat F-18 Hornet yang di duga melintas tepat di atas Platform pengeboran minyak lepas pantai.

“Bahwa sampai saat ini perusahaan Medco E&P Natuna masih beroperasi secara normal,” ujarnya, Sabtu (10/4/2021).

BACA JUGA: Fakta Pesawat Tempur F-18 Hornet Viral Diduga Melintasi Natuna, Padahal Panglima TNI dan Kapolri Lagi di Natuna

Kendati tak masuk teritorial Indonesia, pesawat tersebut diketahui memasuki wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

“Pada hari Selasa pukul 16.15 WIB, di Perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldhansyah dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

Diterangkannya, pesawat tersebut berada di atas floating, production, storage and off loading Vessel (FPSO) Kakap Natuna yang dioperasikan perusahaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE Indonesia.

Tepatnya, sekitar 169 mile di sebelah barat dari Kepulauan Natuna. Hingga kini, TNI masih melakukan penyelidikan.

“Atas kejadian tersebut, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait,” katanya.(rama/kompas)

Honda Capella

FANINDO