Jabat Dua Periode Aunur Rafiq-Anwar Jalani Prosesi Sakral Adat Melayu

615
Bupati Rafiq beserta Wakil Bupati Anwar Hasyim akan disambut dengan tradisi adat Melayu, tepuk tepung tawar. Begitu turun dari pelabuhan, keduanya akan disambut kompang dari grup Kompang Taji Kirami. (Foto : Istimewa)

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Seusai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Karimun periode 2021-2024, Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad di Gedung Daerah, Tanjungpinang pada Senin (26/4/2021), esok harinya Selasa (27/4/2021), akan dilaksanakan prosesi Tepuk Tepung Tawar.

Setibanya di pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, akan disambut oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta masyarakat.

Salah satu bagian prosesi yang sakral dalam upacara adat budaya Melayu. Tepuk tepung tawar ini dilaksanakan sudah menjadi tradisi acara pelantikan para pejabat di Kepulauan Riau, termasuk di Kabupaten Karimun sendiri.

Sebelumnya Pemkab Karimun telah menggelar konferensi video di Gedung Serbaguna Nilam Sari. Panitia sudah menyediakan layar di bagian depan gedung untuk menyaksikan proses pelantikan tersebut.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Karimun, Didi Irawan menjelaskan usai pelantikan di Tanjungpinang, Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim baru akan kembali ke Karimun pada Selasa (27/4/2021) pagi.

“Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga memakai handsanitizer,” terang Didi.

Menurutnya, Bupati Rafiq beserta Wakil Bupati Anwar Hasyim akan disambut dengan tradisi adat Melayu, tepuk tepung tawar. Begitu turun dari pelabuhan, keduanya akan disambut kompang dari grup Kompang Taji Kirami.

“Dilanjutkan dengan penaburan beras kunyit oleh Ketua LAM Kabupaten Karimun diiringi dengan sholawat oleh Grup Sholawat Al Barkah,” paparnya.

Rencananya, acara sakral upacara adat Melayu tersebut kata Didi akan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun, dan juga masyarakat Bumi Berazam.

“Mulai dari pejabat hingga masyarakat yang akan datang untuk memberikan ucapan, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat,” tandasnya.

Aman

Honda Capella