Melalui Dana DAK, 200 Rumah Warga Teluk Uma Menikmati Air Bersih PDAM

258
Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau langsung ketersediaan air bersih PDAM di Teluk Uma, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (12/6/2021). (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Setelah sekian lamanya menantikan ketersediaan fasilitas air bersih, akhirnya warga Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau kini dapat menikmatinya.

“Ketersediaan air bersih ini bersumber dari danau Desa Pongkar, yang dibangun dengan program dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” terang Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sabtu (12/06/2021).

Dimana menurutnya, dana alokasi khusus ini yang diusulkan sejak tahun 2019, dan baru di laksanakan pada tahun 2020 ini.

“Sehingga pada tahun ini, di mulai pemakaiannya dengan anggaran Rp 700 juta untuk 200 Sambungan Rumah (SR),” paparnya.

Bupati Karimun menekankan, hal ini tentunya juga merupakan program dari janji politik, pada Pilkada serentak tahun 2020 lalu.

“Terkait penyediaan air bersih, permasalahan air bersih secara perlahan akan mulai kita tuntaskan, dan ini merupakan komitmen saya,” ujarnya.

Terutama, kata Rafiq adanya tambahan sambungan baru sebanyak 2000, apabila penambahan mesin di sentani nantinya juga akan terselesaikan.

“Kini masih proses penggarapan, hingga tuntas,” sebut Rafiq.

Tidak hanya ketersediaan air bersih PDAM saja, kata Rafiq juga pemerintah daerah juga sedang menggalakkan program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (SPS).

“Sebanyak 36 rumah, kemudian kedepannya akan di bangun sanitasi total untuk pencegahan pencemaran lingkungan dengan jumlah sebanyak 15 rumah,” paparnya.

Turut serta hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut, anggota DPRD Karimun Nyimas Novi Ujiani, Kepala PDAM Karimun, Camat Tebing, serta Lurah Teluk Uma dan masyakarat sekitar.

Aman

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel