Bupati Abdul Haris Paparkan Keunggulan Anambas Kembangkan Pariwisata dan Perikanan

334
Abdul Haris Bupati Kepulauan Anambas di Batam
Abdul Haris Bupati Kepulauan Anambas di Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Bupati Kepulauan Anambas hadiri pertemuan dari Kementerian Dalam Negeri melalui bidang Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dalam agenda kegiatan Rapat Asistensi Inisiasi Kesepakatan Kerjasama dan sekaligus menjadi narasumber di aula Hotel Harris, Batam, Selasa (15/6/2021).

Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki potensi pariwisata dan perikanan yang cukup menjadi daya tarik bagi semua kalangan. Hal ini tentu harus adanya kerjasama antar daerah yang baik dalam menggali potensi-potensi yang ada di wilayah tersebut.

“Inti dari kerjasama tersebut mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui inisiasi kerjasama di Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Dr. Prawibawa Eka Susanto S.sos, M.Si dari Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Abdul Haris, Selasa (15/6/2021).

Dirinya juga menjabarkan beberapa poin penting didalam kegiatan tersebut terkait rencana pengembangan pariwisata dan perikanan di Kabupaten Kepulauan Anambas dengan saling bekerjasama antar daerah.

Kata dia menambahkan, pembangunan apapun adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan Anambas memiliki banyak potensi yang dibutuhkan bidang pariwisata maupun perikanan. Perlu diketahui, Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai Kawasan Strategis Perbatasan Negara. Luas lautan hampir 98 persen terdiri dari laut.

Dalam perspektif pembangunan nasional maupun regional khususnya melalui pembangunan wilayah dan antar wilayah dengan memperkuat sektor-sektor ekonomi strategis dalam kerangka kawasan-kawasan strategis.

Meskipun wacana tentang perlunya kerjasama antar daerah untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan wilayah antar propinsi maupun kabupaten/kota merupakan wacana yang masih hangat-hangatnya diperbincangkan, baik menyangkut sistem dan mekanisme perencanaan sampai ke tahapan regulasi (payung hukum) untuk melegalisasi program-program dalam wadah perencanaan regional bersama.

BACA JUGA Sekda Jefridin Hadiri Rapat Asistensi Inisiasi Kesepakatan Kerja Sama Daerah di Kepri

“Hal ini yang menjadi penguatan dalam kerjasama antar wilayah. Percepatan pembangunan ekonomi masyarakat sangat penting pastinya,” jelas Haris.

Pada dasarnya menyangkut masalah pembangunan pariwisata yang kenyataannya tidak mengenal batas wilayah administratif karena menyangkut ketertarikan potensi wisata.

“Pembangunan pariwisata merupakan suatu ketertarikan dan menggali potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas. Apalagi anambas memiliki laut yang luas dan tentu jumlah spesies ikan tidak pernah habis dan kita tidak ingin terjadi lagi adanya transaksi penangkapan ikan secara ilegal baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri,” sebut dia.

Dirinya sebagai Bupati Kepulauan Anambas mengatakan bahwa ia wajib menangkap peluang demi meningkatkan kemajuan dan mendorong kesejahteraan masyarakat disektor pembangunan pariwisata dan perikanan.

“Peran serta masyarakat itu yang sangat penting dalam mengisi pembangunan anambas kedepannya. Mustahil kiranya, jika ini tidak dilakukan bersama-sama,” pungkasnya. (*)

Kiriman : Rama

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel