Basarnas Natuna Laksanakan Rakorda dan Latsarda di Anambas, Ini Harapan Pemda Anambas

565
Basarnas Natuna Laksanakan Rakorda dan Latsarda di Anambas
Basarnas Natuna Laksanakan Rakorda dan Latsarda di Anambas

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Kantor Pencarian dan Pertolongan KKP (Basarnas) Kabupaten Natuna gelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dan Latihan SAR Daerah (Latsarda) tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Berdasarkan Program Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna tahun 2021, Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi SAR Daerah dan Latihan SAR Daerah yang tetap mengedepankan Protokol Kesehatan dengan tema “Melalui Rapat Koordinasi dan Latihan SAR Daerah Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kesiapsiagaan Dalam Rangka Mewujudkan Quick Response Search And Rescue Diperairan Kabupaten Kepulauan Anambas”.

Meskipun ditengah pandemi Covid-19 Basarnas Natuna tetap selenggarakan Latihan SAR Daerah (Latsarda) tahun 2021 dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19 yang cukup ketat, seperti yang saat ini dilaksanakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Honda Capella

Seluruh peserta rapat maupun panitia dan pihak yang terlibat telah menjalani rapid test terlebih dahulu, agar bisa memastikan kondisi perorangan bebas dari Covid-19. Selain itu prosedur jaga jarak juga diterapkan.

Latsarda KPP Basarnas Natuna 2021 diawali dengan kegiatan rapat koordinasi bersama pemerintah KKA di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan, KKA.

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Wan Zuhendra, dalam sambutannya mengatakan harapannya bahwa kegiatan ini wajib menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19, hal ini dilakukan untuk menekan Penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

BACA JUGA Tim Basarnas Serahkan 5 Kantong Potongan Tubuh ke Tim DVI dan Penjelasan Resmi Dirut Sriwijaya Air

“Saya berharap semua peserta diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki gedung, begitu juga nantinya ketika melaksanakan kegiatan selanjutnya hingga kegiatan ini sukses, disiplin Protkes adalah kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semoga kegiatan ini sukses sesuai harapan,” ucapnya.

Lanjut Wan Zuhendra mengatakan bahwa, Pemerintah daerah serta instansi vertikal lainnya untuk mendukung dan menyambut baik kegiatan Latsarda ini, sehingga penanganan dan pertolongan kecelakaan bisa teratasi dengan baik.

“Dengan mengasah kemampuan untuk melaksanakan tugas kemanusiaan melalui Latsarda yang dilaksanakan oleh SAR Natuna, mari kita sukseskan kegiatan ini dengan mengkedepankan protokol kesehatan Covid-19, saya juga berharap kegiatan serupa terus dilaksanakan di Anambas, pada tiap tahunnya,” ujarnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah berjalan dengan lancar dengan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas serta unsur dari instansi vertikal yang ada di Anambas, seperti Lanal Tarempa, Polres Anambas, Koramil 02 Tarempa, Cabjari Tarempa, BMKG Tarempa, serta Imigrasi dan instansi yang ikut terlibat menyukseskan kegiatan ini.(Rama).

FANINDO