Chen Long Hentikan Langkah Anthony Ginting ke Final Badminton Olimpiade Tokyo 2020

675
Chen Long Hentikan Langkah Anthony Ginting ke Final Badminton Olimpiade Tokyo 2020
Chen Long Hentikan Langkah Anthony Ginting ke Final Badminton Olimpiade Tokyo 2020

WARTAKEPRI.co.id – Pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke final tunggal putra bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020, setelah menyerah kepada wakil Tiongkok, Chen Long, Minggu (1/8/2021). Bermain di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Anthony ditundukkan unggulan keenam itu dengan skor 16-21, 11-21.

Di babak final, Chen Long akan bertemu Viktor Axelson dari Denmark. Viktor Axelson melaju ke partai pemungkas setelah menudukkan wakil Guatemala, Kevin Cordon, dengan dua gim langsung, 21-18 dan 21-11. Partai final tunggal putra akan digelar Senin (2/8/2021).

Pada pertandingan gim pertama partai semifinal, Ginting tertinggal 0-2 lebih dahulu. Servisnya keluar serta bola pengembaliannya menyangkut di net. Namun smes yang dilancarkannya membuat Ginting memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Lewat drop shot silang yang membuat Chen mati langkah, Ginting kemudian menyamakan skor menjadi 4-4. Penempatan bola yang mambuat mati langkah, Ginting juga kembali menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Kesalahan yang dilakukan Ginting membuatnya tertinggal hingga 5-10. Partai gim pertama ini kerap diwarnai reli panjang. Ginting sempat memperkecil ketinggalan hingga 14-17. Pengembalian kok yang sangat cepat dari Ginting saat menerima servis Chen membuat skor menjadi 15-18.

Ginting tak mampu menyamakan kedudukan lagi dan akhirnya menyerah 16-21. Chen Long butuh waktu 28 menit untuk menaklukkan Ginting di gim pertama.

BACA JUGA Anthony Ginting Lanjut Semifinal Badminton Tunggal Putra Olimpiade Tokyo 2020

Pada gim kedua, Ginting juga tertinggal 0-1 lebih dulu karena bola pengembaliannya keluar. Namun smesnya berhasil membuat kedudukan imbang 1-1. Kesalahan sendiri yang dilakukannya kembali membuat Ginting tertinggal 1-3.

Sebuah smes Ginting berhasil membuatnya memperkecil ketinggalan menjadi 5-6. Smes menyilangnya juga kemudian membuatnya menyamakan kedudukan menjadi 6-6.

Namun permainan yang terburu-buru serta smes yang keluar lapangan, membuat Ginting kembali tertinggal hingga 6-9. Tekanan ChenLong membuat Ginting mati langkah dan kian tertinggal 6-11.

Sebuah smes sangat keras membuat Chen mati langkah dan membawa Ginting mendekat menjadi 8-12. Ketidakakuratan Ginting dalam mengembalikan bola serta serangan dengan banyak variasi dari Chen membuatnya unggul sampai 15-9.

Ginting kembali tak mampu menyamakan kedudukan dan akhirnya menyerah 11-21 pada gim kedua ini dalam waktu juga 28 menit.

Ginting dan Chen Long merupakan penghuni peringkat enam besar Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Anthony berada di posisi kelima dan Chen tepat di bawahnya.(*)

Sumber : Reuters/BeritaSatu

Honda Capella

FANINDO