Kementerian PUPR RI Serahkan Bantuan P3TGAI Kepada Kelompok Tani Jemaja Timur

Effi Sjuhairi Kadis Pertanian Perikanan dan Pangan Anambas
Effi Sjuhairi Kadis Pertanian Perikanan dan Pangan Anambas


WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Tahun Ini 2021 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kementerian PUPR ) Republik Indonesia melalui BWS Wilayah IV Kepri di Batam yang difasilitasi Dinas PUPRPRKP Anambas berikan bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigas (P3TGAI) kepada Enam Kelompok Tani di Kecamatan Jemaja Timur.

Program P3TGAI itu sendiri bersumber dari Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) Tahun 2021, yang mana sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum RI telah memberikan bantuan tersebut kepada Empat Kelompok Tani di Kecamatan Jemaja Timur di Tahun 2020.

Program ini diberikan bertujuan untuk menjawab kebutuhan air bagi pertanian di jangka pendek terkhusus kepada para kelompok tani yang saat ini mengelola lahan nya.

Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Anambas bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kepulauan Anambas secara terus menerus mendorong agar Kementerian PUPR RI melalui BWS Wil IV Batam setiap tahunnya dapat dapat mengalokasikan Pelaksanaan Program P3TGAI tersebut sesuai kebutuhan masyarakat petani, tentu hal ini juga tidak terlepas dari keluhan masyarakat Petani.

BACA JUGA Gubernur Ansar: Capaian Pertumbuhan Ekonomi Kepri 6,9 Persen Berkat Kerja Semua Pihak

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Anambas Effi Sjuhairi saat di konfirmasi mengatakan bahwa Program P3TGAI dari Kementerian PUPR RI melalui BWS IV di Batam.

“Alhamdulillah tahun sebelumnya kita juga dapat bantuan yang sama, namun baru ada Empat Kelompok Tani saja yang dapat, nah di Tahun ini ada penambahan, bantuan diberikan kepada Enam Kelompok Tani di Kecamatan Jemaja Timur dan saat ini dalam progres pekerjaan administrasi oleh masing-masing kelompok, kami pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang secara terus menerus memperhatikan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir,” ucapnya.

Untuk penerima bantuan program P3TGAI di tahun 2020 antara lain adalah Sidodadi, Agro Makmur, Makmur Jaya, dan Tunas Karya, sementara itu di Tahun ini yang dapat bantuan Program P3TGAI antaranya adalah Sidodadi, Agro Makmur, Makmur Jaya, Tunas Karya, Tri Tunggal, dan Mekar Asih.(Rama).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News