Ledakan Kembali Terjadi Dekat Bandara Hamid Karzai Kabul, Ini Ujian Presiden AS Joe Biden

100
BBC menyebut ledakan dekat Hamid Karzai
BBC menyebut ledakan tersebut adalah serangan roket

WARTAKEPRI.co.id, AFGANISTAN – Sebuah ledakan terjadi di wilayah pemukiman dekat Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Minggu (29/8/2021) sore waktu setempat. Penyebabnya, masih belum diketahui. Begitu juga korban terdampak.

Rekaman video yang dibagikan jurnalis lepas Shafi Karimi di Twitter, menggambarkan kepulan asap hitam yang membumbung di lokasi tersebut. Orang-orang pun lari menghindar.

Merujuk sumber Kementerian Kesehatan Afghanistan, BBC menyebut, ledakan tersebut adalah serangan roket.

Situasi di Kabul jelang batas akhir evakuasi AS dari Afghanistan pada 31 Agustus mendatang, kini semakin mencekam.

Ujian Presiden AS Joe Biden

Presiden AS Joe Biden berangkat menuju ke Pangkalan Angkatan Udara Dover, Minggu (29/8), untuk menghormati anggota militer AS yang tewas dalam serangan bom bunuh diri dalam proses evakuasi warga sipil dari Bandara Kabul, Afghanistan, pekan lalu.

Bom bunuh diri ISIS di luar Bandara Internasional Hamid Karzai itu menewaskan puluhan warga Afghanistan, dan 13 tentara Amerika.

Serangan yang dilakukan ISIS-Khorasan, afiliasi Afghanistan dari ISIS, adalah insiden paling mematikan bagi prajurit AS di Afghanistan dalam satu dekade.

Kemajuan cepat Taliban di seluruh negeri di tengah penarikan pasukan Amerika dan sekutu, dan sejumlah kekacauan di bandara, memberikan ujian kebijakan luar negeri terbesar bagi Biden.

Politisi Partai Demokrat itu bersumpah untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab atas peristiwa keji tersebut. Militer AS mengatakan, mereka telah membunuh dua militan ISIS-Khorasan dalam serangan pesawat tak berawak pada Sabtu (28/8).

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel