Hasil Liga Inggris 2021-2022, Manchester City Imbang dan Liverpool Menang 3-0

130
liverpool vs crystal palace 2021
Pertandingan Liverpool vs Crystal Palace 2021

LIGA INGGRIS – Manchester City gagal meneruskan tren positif selalu mencetak gol saat bermain di Etihad Stadium. Usai tiga laga terakhir di Etihad Stadium mencetak 16 gol dan baru kebobolan tiga gol, Manchester City ditahan imbang tamunya Southampton.

Bertanding di pekan kelima Premier League 2021/22 menghadapi Southampton, Sabtu (19/9/2021) malam WIB, Manchester City ditahan imbang dengan skor 0-0.

Wasit Moss kemudian kembali berdiskusi dan melihat tayangan ulang untuk melihat siapa pemain yang terlebih dahulu dalam posisi offside.

Keputusan VAR pertama pada menit ke-60′ saat Adam Armstrong dijatuhkan di kotak penalti oleh Kyle Walker. Wasit Jonathan Moss pada awalnya sempat memberikan kartu merah kepada Walker usai kejadian itu dan menunjuk titik putih.

Ternyata setelah melakukan pengecekan VAR, wasit akhirnya menganulir keputusannya kepada Kyle Walker dan Manchester City tidak jadi diberikan hukuman penalti.

Keputusan VAR kedua pada laga ini mendeteksi bahwa Phil Foden telah dalam posisi offside saat menyundul bola di dalam kotak penalti Southampton. Bola yang sejatinya ditepis oleh kiper Alex McCarthy kemudian bola muntah dimanfaatkan Raheem Sterling untuk membobol gawang The Saint.

Akhirnya setelah berdiskusi dan melihat tayangan ulang, wasit memutuskan untuk tidak mengesahkan gol Sterling usai keduanya terlebih dahulu terjebak posisi offside.

Pada laga ini tim berjuluk The Citizens itu sejatinya menguasai jalannya pertandingan dengan 64% penguasaan bola. Sayang Fernandinho dan kolega gagal memanfaatkan peluang usai hanya mencatatkan satu tendangan ke arah gawang Southampton dari 16 kali percobaan.

Dengan hasil ini, Manchester City gagal ke puncak klasemen Premier League musim 2021/22 usai hanya mampu bermain imbang lawan Southampton.

Posisi puncak sementara ditempati oleh Liverpool setelah The Reds sukses mengalahkan Crystal Palace dengan skor 3-0. Laga berikutnya anak asuhan Pep Guardiola dijadwalkan akan bertanding di babak ketiga EFL Cup menghadapi Wycombe di Etihad Stadium, Rabu (22/9) dini hari WIB.

Jalan Liverpool Raih Puncak

Liverpool tampil apik pada pekan kelima Liga Primer Inggris musim 2021/22. Skuat polesan Juergen Klopp menaklukkan Crystal Palace, 3-0, di Stadion Anfield, Sabtu (18/9) malam WIB.

Saat laga memasuki menit kedua, jala tuan rumah nyaris bergetar. Terlihat kiper the Reds, Alisson Becker susah payah mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Penggawa kubu tamu, Wilfried Zaha, Christian Benteke dan James McArthur benar-benar merepotkan lini belakang Merseyside merah. Setelahnya pasukan Klopp mulai menunjukkan dominasinya.

Liverpool memperoleh kans perdana pada menit kesembilan melalui Diogo Jota. Sepakan penyerang asal Portugal itu melambung dari sasaran.

Enam menit kemudian, the Reds benar-benar mendulang peluang emas lewat Jordan Henderson. Setelah mendapat umpan Sadio Mane, Henderson melepaskan tembakan tepat sasaran.

Upaya gelandang 31 tahun itu bisa ditepis kiper Palace, Vicente Guaita. Pada menit ke-20, giliran kubu tamu menebar ancaman.

Sebuah umpan lambung bek sayap the Eagles, Joel Ward mengarah ke gawang Liverpool. Alisson sigap mementahkan ancaman yang datang.

Selepas setengah jam jalannya laga, tuan rumah melancarkan tekanan bertubi-tubi. Namun angka di papan skor belum berubah.

Pada menit ke-38, Jota kembali menyia-nyiakan peluang di depan mata. Berawal dari crossing Henderson ke kotak penalti Palace, Thiago Alcantara yang berdiri bebas, langsung menyundul bola yang datang.

Kiper the Eagles mampu menepis upaya Thiago. Bola rebound langsung disambar Jota, melambung dari sasaran.

Terus menyerang, Liverpool akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-43. Mane berhasil merobek jala Palace dari jarak dekat setelah memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Salah.

Di sisa waktu tak terlihat perubahan berarti. Skor 1-0 untuk the Reds bertahan hingga turun minum.

Enam menit setelah babak kedua dimulai, Palace nyaris menyamakan kedudukan. Conor Gallagher mendapat umpan matang dari Zaha. Sayang, pada sentuhan akhir, ia tak bisa memperdaya Alisson.

Pada menit ke-59, Liverpool mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti the Eagles. Fabinho yang menjadi eksekutor, kurang akurat dalam melepaskan tembakan.

Tiga menit kemudian, Palace mengalami situasi serupa. Angka di papan skor, belum berubah.

Pada menit ke-72, kubu tamu kembali mengancam. Pemain pengganti Odsonne Edouard, gagal menaklukkan Alisson dari jarak dekat.

Enam menit berselang, tuan rumah memperlebar jarak lewat Mohamed Salah. Situasi bermula dari tendangan sudut untuk Liverpool yang dilesakkan Konstantinos Tsimikas.

Bola yang datang, disambar Virgil van Dijk dengan sundulan, kemudian melambung di depan Salah. Tanpa ampun, jagoan Mesir itu melepaskan sepakat keras hingga membuat jala the Glaziers bergetar.

Palace terus berupaya memperkecil ketertinggalan. Namun justru the Reds mampu mempertegas keunggulan lewat tendangan voli Naby Keita, semenit menjelang waktu normal berakhir.

Skor 3-0 untuk Liverpool bertahan sampai duel usai. Hasil ini membuat anak asuh Klopp naik ke puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris.(premierleague/jpnn/republika)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel